Manfaatkan segera amnesti pajak. Ungkap. Tebus. Lega

Tax Goes to Campus di UNPAD Bandung

Tax Goes to Campus
Bertempat di Gedung Serbaguna Lantai 4 Universitas Padjadjaran Bandung tanggal 17 September 2014, diadakan acara “Tax Goes To Campus” dengan peserta perwakilan mahasiswa dari Perguruan Tinggi/Universitas yang terdapat tax center sewilayah Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I diantaranya UNPAD Bandung, Universitas Sangga Buana Bandung, LPKIA Bandung, LP3I Bandung, POLBAN, UNSIL Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, STIE Ekuitas dan UNIGAL Ciamis. Acara tersebut diadakan dalam rangka Pengenalan Pajak kepada Calon Wajib Pajak Masa Depan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kanwil DJP Jabar I bekerjasama dengan Tax Center Universitas Padjadjaran dan Republika On-Line (ROL). Tema dari acara ini adalah “Mencetak Generasi Muda Ngerti Pajak”.


Sejumlah pejabat yang hadir diantaranya (kiri-kanan) : Ketua tax center UNPAD (bapak Sony Devano, SE,M.Ak,Ak.),  Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, (bapak Dr. Harry Suharman S.E., M.A., Ak), Kepala Kantor Wilayah DJP Jabar I (bapak Adjat Djatnika), Redaktur Republika Online  (bapak Irfan Junaidi), dan Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying (bapak Andi Setiawan) serta pejabat eselon III lainnya dilingkungan Kanwil DJP Jabar I

Peserta Tax Goes to Campus
Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan dipandu oleh rekan duo dari Kanwil DJP Jabar I Adel dan Danang. Dimulai dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah DJP Jabar I (bapak Adjat Djatnika). Beliau menjelaskan bahwa Pajak itu membiayai kehidupan negara lebih dari 70%. Sama halnya dengan kehidupan berumah tangga, bahwa pajak adalah seperti penghasilan dari bapak dan ibu yang membiayai kehidupan rumah tangga tersebut.

duo MC dari Kanwil DJP Jabar I

Kepala Kanwil DJP Jabar I memberikan sambutan
Dulu, sumber pembiayaan utama APBN dari sektor minyak bumi, karena Indonesia termasuk Negara pengekspor minyak. Namun sekarang, negara kita bukan lagi negara pengekspor minyak, kita malah menjadi pengimpor minyak. Maka Pajaklah yang sekarang menjadi penopang utama.

Pembukaan acara Tax Goes to Campus oleh Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, bapak Dr. Harry Suharman S.E., M.A., Ak.. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa kampus UNPAD ini juga dibiayai oleh pajak. Beliau sangat senang dan berharap acara Tax Goes to Campus ini terus dilakukan dan dapat bekerjasama dengan universitas-universitas yang lainnya.

Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Unpad memberikan sambutan
Setelah peresmian pembukaan tersebut, dilakukan penyerahan cendera mata berupa plakat oleh Kepala Kanwil DJP Jabar I kepada pihak UNPAD.

Pemberian cendera mata
Acara berikutnya dijelaskan tentang Pengenalan Pajak sesuai tema "Mencetak Generasi Muda Ngerti Pajak”. Pembawa materi adalah Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying, bapak Andi Setiawan. Materi dikemas dalam format serius tapi santai hingga membuat para mahasiswa tersebut semakin tertarik mengikuti arahan Pemateri, ditambah lagi ada pembagian doorprize bagi yang antusias menjawab. Para peserta merasa senang meskipun di awal terlihat masih ragu dan terbata-bata menjawab pertanyaan pemateri tentang seputar pajak dan manfaatnya.

Pemateri, Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying (bapak Andi Setiawan) memberikan paparan
Apalagi dalam sesi tanya jawab, yang dipandu oleh moderator Kepala KPP Pratama Tasikmalaya (bapak Dadang Karna Permana), semakin terlihat antusias dan semarak acara tersebut. Ketika moderator bertanya kepada peserta, “siapa yang mau bertanya?” banyak sekali yang mengacungkan telunjuknya sehingga moderator agak kesulitan menentukan siapa peserta yang diberi kesempatan. Mungkin karena setiap peserta yang bertanya diberikan doorprize. Saking banyaknya pertanyaan sampai waktu yang disediakan panitia habis, maka moderator memberikan solusi untuk pertanyaan yang belum sempat disampaikan agar ditulis saja dan panitia akan menjawabnya baik lewat surat atau media lainnya.

Sesi tanya jawab oleh moderator
salah seorang peserta sedang bertanya
Sesi berikutnya adalah penyampaian materi jurnalistik dari pihak Republika On Line disampaikan oleh bapak  Irfan Junaidi tentang membuat tulisan di media online dan dilanjutkan dengan praktek membuat tulisan. Setelah praktek menulis, disampaikan juga materi fotografi. Hasil tulisan dan fotografi tersebut dilombakan oleh panitia dengan tema “Pajak dan Keberlangsungan Negara Republik Indonesia”, dikirim ke redaksi Republika On Line sampai dengan tanggal 22 September 2014. Bagi pemenang lomba akan diberikan hadiah dan tulisannya akan dimuat di Republika On Line.
Penyampaian materi jurnalistik oleh Republika On line (bapak Irfan Junaidi)
Selain lomba  tersebut, terdapat lomba lain yaitu lomba foto selfie tax goes to campus dan lomba yel dari setiap universitas sehingga acara secara keseluruhan berlangsung sangat meriah.

Tidak Ngerti Pajak? Apa Kata Dunia?

Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya