Manfaatkan segera amnesti pajak. Ungkap. Tebus. Lega

KPP Pratama Bandung Cibeunying sosialisasikan e-SPT Tahunan PPh Badan

KPP Pratama Bandung Cibeunying
Sosialisasikan e-SPT Tahunan PPh Badan
Tim Penyuluhan KPP Pratama Bandung Cibeunying mengadakan Sosialisasi e-SPT Tahunan PPh Badan di Aula KPP Pratama Bandung Cibeunying, Jl. Purnawarman No. 21 Bandung. Acara tersebut diikuti oleh sekitar 100 Wajib Pajak Badan dan dibagi menjadi dua sesi, tanggal 23 dan 24 Desember 2014.


Kegiatan diawali sambutan oleh Andi Setiawan (Kepala Kantor KPP Pratama Bandung Cibeunying). Andi menjelaskan bahwa di KPP Pratama Bandung Cibeunying baru sekitar 70 Wajib Pajak yang menggunakan e-SPT Tahunan PPh Badan dalam melakukan kewajiban pelaporan pajaknya. Oleh karena itu, diharapkan para Wajib Pajak yang hadir dalam kegiatan hari ini beralih menggunakan e-SPT dalam pelaporan SPT Tahunan PPh Badan dan juga menjadi pemicu Wajib Pajak Badan lainnya untuk segera beralih menggunakan e-SPT.
Andi Setiawan memberikan sambutan

Kelebihan e-SPT ini di antaranya:

  1. Penghitungan pajak dapat dilakukan secara cepat karena diolah menggunakan sistem komputer dan juga meminimalisir kesalahan;
  2. Memudahkan kegiatan pelaporan pajak;
  3. Memudahkan pengarsipan data yang telah dibuat oleh WP itu sendiri;
  4. Mengurangi pekerjaan merekam data karena hal tersebut membutuhkan SDM yang banyak; dan
  5. Mengurangi penggunaan kertas.

Fachri (Pemateri)
Materi disajikan oleh Fachri Ardian Zamzami (Operator Console) tentang tata cara menginstall dan menggunakan program e-SPT. Dalam sosialisasi ini para peserta secara langsung mempraktikkan langkah-langkah penginstallan e-SPT dan tata cara penggunaan program e-SPT.  Sebelumnya Wajib Pajak telah diminta untuk membawa laptop dan fotokopi SPT Tahunan PPh Badan Tahun Pajak terakhir.
Peserta memperhatikan paparan yang disampaikan pemateri

Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh Wajib Pajak pada saat sosialisasi kali ini, antara lain proses setting database e-SPT yang agak rumit sehingga beberapa Wajib Pajak mengalami kesulitan dalam mempraktikan program e-SPT tersebut. Tetapi hal tersebut telah diantisipasi oleh Panitia Sosialisasi yang diketuai oleh M. Haris (Kasi Waskon II) dan anggota tim yang terdiri dari Account Representative (Soleh Yulianto dan Fajar Rayadi), dan Fachri Ardian Zamzami (Operator Console) yang dengan sigap memberikan asistensi langsung kepada para Wajib Pajak.
Asistensi langsung (1)
Asistensi Langsung (2)

Asistensi langsung (3)

Sembari mempelajari penggunaan e-SPT, para peserta sosialisasi pun melakukan sesi tanya jawab kepada Fachri dan Soleh. Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah apa keuntungan menggunakan e-SPT dibandingkan SPT Manual dan bagaimana apabila Wajib Pajak ingin melaporkan SPT Tahunan untuk beberapa tahun terakhir yang belum dilaporkan.
Asistensi langsung dan tanya jawab

Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi seperti ini, Wajib Pajak Badan dapat lebih mudah dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya, khususnya dalam penyampaian SPT tahunan PPh Badan, sehingga kepatuhan Wajib Pajak semakin meningkat.

Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. pada saat saya mau mengisi nilai di lampiran, contoh, 9000000, kemudian saya enter / tab, tapi yang tertulis hanya 9 saja.

    mohon penjelasannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk semua lampiran atau bagian itu saja pak? silakan capture dan mention @kring_pajak pada hari dan jam kerja

      Delete

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya