Manfaatkan segera amnesti pajak. Ungkap. Tebus. Lega

KPP Pratama Bandung Cibeunying Sabet Juara Pertama Lomba KPPc 2015 Kanwil DJP Jawa Barat I

KPP Pratama Bandung Cibeunying Sabet Juara Pertama Lomba KPPc 2015 Kanwil DJP Jawa Barat I
Catatan EkstensKPP Pratama Bandung Cibeunying berhasil menyabet juara pertama dalam Lomba Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) 2015 Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I. Acara penganugerahan pemenang lomba digelar di Auditorium Gedung Keuangan Negara, Jl. Asia Afrika No.114, Bandung, Kamis, (22/10/2015).

Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jawa Barat I, Reny Ravaldini menyatakan, ajang Lomba Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) yang diselenggarakan setiap tahun ini bertujuan untuk mendorong kinerja Kantor Pelayanan Pajak untuk selalu meningkatkan mutu pelayanannya kepada Wajib Pajak.

"Ajang ini tak hanya menilai kualitas pelayanan masing-masing Kantor Pelayanan Pajak di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I, tetapi juga menilai aspek kinerja penerimaan, inovasi pelayanan dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Parameter tersebut amat penting sebagai tolok ukur kepuasan masyarakat sebagai pemangku kepentingan DJP", ujarnya.

Adapun pemenang Lomba Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) 2015 berturut-turut adalah KPP Pratama Bandung Cibeunying sebagai juara pertama, disusul oleh KPP Madya Bandung sebagai juara kedua, dan KPP Pratama Purwakarta sebagai juara ketiga. Sedangkan, KPP Pratama Bandung Karees, KPP Pratama Tasikmalaya, KPP Pratama Garut, berperingkat sebagai pemenang harapan I,II, dan III.

Dalam rangkaian lomba Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) tersebut, Kanwil DJP Jawa Barat I juga memberikan penghargaan kepada tenaga Satuan Pengamanan (Satpam) dan Tenaga Pramusaji (OB/Cleaning Service). Meski bukan merupakan pegawai struktural, Kanwil DJP Jawa Barat I memandang bahwa kinerja mereka amat berperan dalam mewujudkan pelayanan yang baik kepada publik.

Dalam kesempatan ini, Kanwil DJP Jawa Barat I juga memberikan penghargaan media partner kepada 5 (lima) media massa yang dinilai sangat membantu fungsi utama kehumasan Kanwil DJP Jabar I. Penghargaan ini diberikan kepada media atas kerja sama kemitraan yang terjalin sangat baik selama ini. Kelima media massa tersebut adalah Harian Tribun Jabar, Harian Umum Pikiran Rakyat, Harian Umum Bisnis Indonesia, Harian Umum Galamedia, dan Harian Umum Radar Bandung.

Kasi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Slamet Rianto, mengatakan Kanwil DJP Jawa Barat I banyak mendapatkan bantuan terkait dengan pemberitaan di media massa. “Ini merupakan apresiasi kami terhadap kerja sama yang telah berlangsung selama ini. Kita harapkan kerja sama yang baik dan sudah terbina ini akan lebih baik lagi di masa yang akan datang", ungkapnya.

Selain itu, Kanwil DJP Jawa Barat I juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Artikel dan Fotografi yang bertemakan Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015 (TPWP 2015). Lomba ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu wartawan, pelajar atau mahasiswa, dan pegawai DJP.

Slamet mengatakan, puluhan karya foto dan artikel memenuhi meja dewan juri. Dewan juri yang terdiri dari dua juri independen (jurnalis dan sastrawan) mengklaim bahwa kualitas foto dan tulisan para peserta amat baik dan amat menginspirasi. Kriteria penilaian yang utama adalah harus memenuhi tiga hal yaitu sesuai dengan tema, teknik, dan ide yang disampaikan.

Lomba penulisan artikel pajak kategori wartawan, wartawan Harian Tribun Jabar, Kisdiantoro, dinobatkan sebagai pemenang pertama dengan tulisan yang berjudul “Tahun 2015 Bebas Sanksi Pajak”. Pemenang kedua diberikan kepada Arif Hidayat, wartawan Radar Tasikmalaya dengan judul tulisan “Kebijakan Pajak Untuk Wujudkan Nawa Cita".

Untuk kategori Pelajar/Mahasiswa : 
  1. Muhammad Syarifuddin (Institut Teknologi Bandung), dengan judul tulisan “TPWP 2015 dan Peran Mahasiswa”; 
  2. Reinanda Putri (SMAN 3 Cimahi), dengan judul tulisan “Wajib Pajak Yang Baik Berhenti Bersembunyi”; dan
  3. Budiman Dwi Putra (SMAN 1 Garut), dengan judul tulisan “Mari Optimalkan Pembangunan Infrastruktur Negara dengan Sistem Perpajakan yang Handal”.
Pemenang untuk kategori Pegawai DJP :
  1. Andri Prasetyo (KPP Pratama Garut), dengan judul tulisan “Bermimpi Indah Tentang Pajak, Bisakah?”
  2. Herry Prapto (KPP Pratama Bandung Cibeunying), dengan judul tulisan “Berhentilah Mencari Alasan, Segera Manfaatkan TPWP 2015”; dan
  3. Rosyid Marzuki (KPP Pratama Cimahi), dengan judul tulisan “Fenomena Go-Jak, An Pajak For Every Need”.
Sedangkan untuk pemenang lomba fotografi diraih fotografer Harian Umum Pikiran Rakyat, Usep Usman Nasrullah

Untuk kategori Pelajar / Mahasiswa: 
  1. Arilina Rahayu (Universitas Galuh Ciamis)
  2. Nurul Mukarromah (Institut Teknologi Bandung); dan
  3. Afriezal Raesandi (Universitas Widyatama Bandung)
Kategori Pegawai DJP : 
  1. Agie Akhmad Ginanjar (KPP Pratama Cianjur)
  2. Ediyansyah (KPP Madya Bandung); dan
  3. Ajam As’ari (KPP Madya Bandung).

Secara terpisah, Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Adjat Djatnika, mengatakan pihaknya selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada Wajib Pajak. “Sebagai timbal baliknya kami pun menuntut pemenuhan kewajiban Wajib Pajak akan semakin baik”, katanya.

Adjat menambahkan Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015 masih menyisakan waktu 2 bulan lagi. Oleh karenanya dia berharap Wajib Pajak bisa memanfaatkan momentum yang baik ini agar bisa bebas sanksi administrasi.
Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya