pajak bertutur

KPP Bandung Cibeunying Edukasi Puluhan Bendahara Pemerintah


Edukasi perpajakan dikemas dalam bentuk dialog perpajakan untuk bendahara

Catatan Ekstens - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Cibeunying menggelar edukasi perpajakan bagi bendahara di Aula KPP Pratama Bandung Cibeunying, Kamis, (14/12). Acara yang dikemas dalam bentuk dialog perpajakan ini dibagi dalam dua sesi. Pertama, bagi bendahara di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pada sesi kedua bagi bendahara di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Acara ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah edukasi bagi bendahara di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan sesi kedua bagi bendahara di lingkungan Pemerintah Kota Bandung

Acara yang dihadiri oleh 97 peserta ini dibuka oleh Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying, Andi Setiawan. Dalam sambutannya, Andi mengatakan bahwa penerimaan pajak tahun 2017 yang diamanatkan kepada DJP adalah sebesar Rp1.284 triliun. Target tersebut bersumber dari pajak yang dibayar sendiri oleh Wajib Pajak maupun yang disetor pihak lain melalui mekanisme pemotongan/ pemungutan, salah satunya melalui bendahara. Hingga saat ini (14/12), penerimaan pajak KPP Pratama Bandung Cibeunying dari sektor bendahara sebesar Rp228,04 miliar yang berasal dari 340 bendahara pemerintah.
Acara ini dihadiri oleh 97 peserta

“Bendahara pemerintah mempunyai kedudukan yang sangat strategis sehubungan dengan tugasnya sebagai pengelola belanja negara. Bendahara diberi amanat untuk melakukan pemotongan/ pemungutan dan penyetoran PPh dan atau PPN sehubungan dengan pengeluaran-pengeluaran yang dananya berasal dari anggaran belanja negara atau daerah, sehingga bendahara pemerintah perlu memiliki pengetahuan di bidang perpajakan secara memadai agar dapat melaksanakan hak dan kewajiban perpajakanya secara benar,” ungkap Andi.

Lebih lanjut Andi mengatakan, dengan terselenggaranya edukasi ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi para bendahara di lingkungan Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung dalam menjalankan peran penting bagi penerimaan pajak sekaligus mitra Ditjen Pajak sebagai penghimpun penerimaan Negara.

"Dengan pemahaman aturan perpajakan yang mumpuni, semoga kepatuhan Wajib Pajak bendahara pemerintah maupun Wajib Pajak rekanan pemerintah dalam memenuhi kewajiban perpajakannya akan menjadi lebih baik," pungkasnya.
Acara ini dibuka oleh Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying, Andi Setiawan

Dalam kesempatan ini, semua materi dibawakan Account Representative (AR). AR Seksi Pengawasan dan Konsultasi II, Adang Kusmayadi membawakan materi edukasi perpajakan sesi pertama sedangkan pada sesi kedua dibawakan oleh Feny Purnamasary (AR Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV). Selain itu, di setiap sesi juga diberikan materi tentang Bea Meterai yang dibawakan oleh Sony Romadoni (AR Seksi Pengawasan dan Konsultasi III).

#PajakKitaUntukKita (wrdhn/hp)
Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya