pajak bertutur

KPP Pratama Bandung Cibeunying gelar Sosialisasi Perpajakan di Perum Perumnas Regional IV

Sosialisasi Perpajakan di Perum Perumnas Regional IV
Tim Penyuluh KPP Pratama Bandung Cibeunying mengadakan Sosialisasi Perpajakan tentang e-SPT PPh 21 dan e-filing di Kantor Perum Perumnas Regional IV Bandung, Jl. Surapati No. 120, Bandung, tanggal 12 Nopember 2014.


Kegiatan yang diikuti peserta dari seluruh cabang Perum Perumnas Regional IV  mulai Cilegon sampai Cirebon (se-Jabar-Banten) ini mendapat sambutan positif dari pihak Perum Perumnas Regional IV yang diwakili oleh Juni  Harjoso (Deputy General Manager) untuk menambah wawasan tentang perpajakan. Malahan beliau meminta agar kegiatan seperti ini dijadwalkan rutin di masa mendatang.

Sambutan Deputy GM, Ketua Tim Penyuluhan dan Pemateri
Materi sosialisasi yang dibawakan oleh Soleh Yulianto (Account Representative) disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan komunikatif. Peserta diajak praktek langsung cara menggunakan aplikasi e-SPT PPh 21 dengan menggunakan contoh real dari Bagian Keuangan Perum Perumnas Regional IV sehingga peserta mudah untuk memahami materi sosialisasi. Para peserta terlihat sangat antusias dengan adanya sosialisasi tersebut karena  sebagian besar belum pernah menggunakan aplikasi e-SPT.
Asistensi langsung
Antusias dari peserta dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan ketika tahapan demi tahapan mulai disampaikan pemateri. Tim Penyuluh yang berjumlah 5 (lima) orang yaitu Casmana Disastra (Kasi Ekstensifikasi Perpajakan), Luki Suhartono (Account Representative), Erli Zerlita (Account Representative), Soleh Yulianto (Account Representative) dan Herry Prapto (Pelaksana Ekstensifikasi Perpajakan) melakukan asistensi langsung bila ada wajib pajak yang masih kesulitan mempraktekkan aplikasi e-SPT PPh 21.

Pemateri e-filing
Materi kedua adalah tentang e-filing yang disampaikan oleh Luki Suhartono (Account Representative). Penyampaian materi diberikan dengan slide yang telah disiapkan oleh pemateri. Bentuk penyampaian materi seperti  ini cukup efektif  terlihat dengan adanya pertanyaan yang timbul dari acara sosialisasi tersebut misalnya “Bagaimana pendaftaran e-FIN secara kolektif ?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar SPT tahunan. Penyampaian materi dengan praktek tidak dapat dilakukan karena tidak adanya aplikasi khusus untuk simulasi, tidak seperti e-SPT PPh 21. Oleh karena itu, direncanakan untuk e-filing ini dilakukan sosialisasi lagi dan langsung praktek di awal tahun depan.
pemberian cenderamata
Sebagai bentuk apresiasi, M. Saptarish W.(Manager SDM dan Keuangan) memberikan cindera mata (plakat) pada pihak KPP Pratama Bandung Cibeunying karena telah berbagi ilmu perpajakan dan menyampaikan harapan agar ke depan acara sosialisasi ini terus diadakan. Kami pun berterima kasih telah meyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut yang merupakan program rutin dari Tim Penyuluhan KPP Pratama Bandung Cibeunying dan berjanji bahwa tahun depan kami pasti akan kembali untuk terus memberikan penyuluhan yang mereka butuhkan.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberi pengetahuan tentang tata cara pelaporan e-SPT PPh 21 dan e-filling sehingga Wajib Pajak tidak lagi mengalami kesulitan dalam rangka melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya yang pada gilirannya dapat meningkatkan penerimaan pajak bagi pembangunan Indonesia.
Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya