pajak bertutur

Kampanye Simpatik di Dago Car Free Day

Langit masih gelap, fajar pun baru menyingsing, namun telah nampak wajah semangat dari para pegawai KPP Pratama Bandung Cibeunying yang tengah mempersiapkan diri dengan merias sepeda yang akan digunakan untuk menuju lokasi Dago Car Free Day dalam rangka mendekatkan diri dengan para wajib pajak melalui acara “kampanye simpatik” yang diselenggarakan oleh Kanwil DJP Jawa Barat I pada tanggal 19 April 2015 lalu.

Tim Kanwil DJP Jabar I, KPP Pratama Bandung Cibeunying dan KPP Madya Bandung

Acara ini digelar setiap minggu oleh Kanwil DJP Jawa Barat I sepanjang bulan Maret dan April 2015, dan diisi oleh para pegawai KPP di wilayah Bandung Raya dan pada kesempatan tersebut pengisi acara adalah para pegawai KPP Pratama Bandung Cibeunying dan KPP Madya Bandung.

Tim Kampanye Simpatik Dago Car Free Day

Rangkaian acara yang dilakukan oleh tim gabungan tersebut guna mendekatkan diri dengan masyarakat serta memberikan pengetahuan tentang perpajakan pada masyarakat.

Tim Kampanye Simpatik Dago Car Free Day

1. Rampak gendang & tari umbul-umbul

Guna menarik antusiasme dari warga Bandung yang sedang berolahraga ria di Car Free Day acara sosialisasi dibuka oleh rampak gendang serta tari umbul-umbul. Hal tersebut menunjukan bahwa Kanwil DJP Jabar I, KPP Pratama Cibeunying serta KPP Madya Bandung peduli terhadap kesenian masyarakat sunda.

2. Parade marching band

Acara berikutnya yang tak kalah meriah yakni penampilan dari marching band. Sebagaimana diketahui marching band merupakan lambang keberhasilan serta kemeriahan dimana Kanwil DJP Jabar I, KPP Pratama Bandung Cibeunying, dan KPP  Madya Bandung menganalogikan semoga tahun 2015 ini Direktorat Jenderal Pajak dapat berhasil mencapai target penerimaan guna melanjutkan pembangunan di negeri ini.

3. Sambutan Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying

Andi Setiawan selaku Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying memberikan paparan singkat tentang pajak kepada masyarakat guna meberikan pemahaman betapa pentingnya peran serta masyarakat dalam pembangunan melalui pembayaran pajak dan memberikan pengetahuan bahwa tidak semua jenis pajak diadministrasikan oleh DJP. DJP hanya mengaministrasikan Pajak Pusat seperti PPh, PPN, PPnBM, Bea Materai, dan PBB P3 (Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pertambangan, Perhutanan dan Perkebunan). Justru pajak yang di administrasikan oleh Pemkot atau Pemprov yang disebut Pajak Daerah jauh lebih banyak jenisnya seperti Pajak restoran, hiburan, hotel, dan yang terbaru seperti PBB sektor perkotaan dan pedesaan (PBB P2) diadministrasikan oleh Pemkot atau Pemkab.

4. Flashmob para pegawai

Para pegawai KPP Pratama Bandung Cibeunying serta KPP Madya Bandung tidak hanya menjadi penonton, kami turut ikut serta dalam menghibur masyarakat dengan flashmob atau bisa dibilang senam pagi. Masyarakat sangat terhibur melihat flashmob ini bahkan ada beberapa masyarakat yang mengikuti gerakan dari flashmob yang seperti senam ini.

5. Pembagian leaflet

Kembali pada tujuan dari acara ini yakni mensosialisasikan aplikasi-aplikasi terbaru DJP yang bertujuan untuk mempermudah para wajib pajak dalam memenuhi hak dan kewajiban perpajakannya. Para pegawai dengan senyum, semangat, dan antusiasme yang tinggi membagikan leaflet tentang tata cara penggunaan e-filling dan sebagainya. Tak hanya membagikan leaflet, para pegawai pun memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam urusan perpajakannya.

6. Kuis Pajak 

Selang pembagian leaflet kepada masyarakat, MC dan para pegawai membagikan hadiah seperti boneka, tumbler, serta polo shirt dengan nuansa pajak yang kental, maksudnya untuk lebih memperdekat pajak dengan kehidupan masyarakat. Pada kuis berhadiah tersebut terdapat antusiasme tinggi dari warga yang bergerombol di dekat MC dan kojib (maskot DJP) untuk sekedar berfoto ria atau pun ingin mendapat hadiah.

7. Pom-pom boys
Kehadiran Pom-pom Boys menarik minat masyarakat dan menambah meriah suasana

Sebagai pemeriah dari acara ini kami khusus mengundang Pom-pom Boys guna memeriahkan dan memancing perhatian dari masyarakat. Masyarakat semakin banyak yang berkumpul dan tertarik perhatiannya. Diakhir penampilan para pom-pom boys memberikan informasi tentang batas waktu PELAPORAN SPT TAHUNAN PPH BADAN SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2015.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan berfoto bersama Tim Kampanye Simpatik

Pada acara tersebut juga tampak hadir Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, yang sedang bersepeda pagi di acara Car Free Day, tak kalah heboh juga para Polwan yang bertugas kala itu, turut memeriahkan acara ini dengan berfoto bersama kami. 

Polwan Bandung juga turut serta

Begitu marak dan semangatnya rangkaian acara yang kami laksanakan pada kampanye simpatik di Dago Car Free Day ini. Terlepas dari semua itu, kami  mengucapkan terima kasih kepada masyarakat pembayar pajak atas sumbangsih terhadap pembangunan negeri, karena “PajakMilikBersama”

Laporan: "Gusman Vahrul"
Pegawai OJT pada seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Bandung Cibeunying

Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya