pajak bertutur

Aki Mad'i : Saya sudah bayar pajak, bagaimana dengan Anda?

Aki Mad'i  : "Saya sudah bayar pajak, bagaimana dengan Anda?"
Catatan Ekstens - "Saya sudah bayar pajak, bagaimana dengan Anda?", ucap seorang kakek mengakhiri sebuah video berdurasi 7 menitan itu. Video yang menceritakan seorang lelaki 64 tahun bernama Aki Mad'i yang hanya bekerja sebagai petani kolam jaring apung ini namun rajin membayar pajak penghasilan.


Aki Mad'i berasal dari Kp. Citerbang, Desa Panyindangan Kec. Sukatani Kab. Purwakarta ini menyadari membayar pajak menjadi kewajiban dari tiap warga negara. Baginya, dengan turut membayar pajak sama halnya telah membantu pemerintah untuk membiayai pembangunan negara. Selain itu, ia berharap pajak yang ia bayarkan tersebut akan dapat membantu melancarkan usahanya.

"Aki membayar pajak agar usaha tani ikan ini berjalan lancar ke depannya," ungkapnya.

Aki Mad'i mulai mengerti kewajiban membayar pajak tersebut setelah datang ke acara sosialisasi yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwakarta. Petugas penyuluh di acara tersebut memberikan pengarahan bagi penduduk akan berapa banyak pajak yang harus dikeluarkan.

Mereka mendapat pengarahan, apabila penghasilan dalam setahun tidak mencapai Rp 4,8 miliar, maka pajak penghasilan yang harus dikeluarkan adalah 1 persen. Hal tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) nomor 46 tahun 2013.

Baca artikel terkait PP-46:
Catatan tentang PP 46 tahun 2013, PPh khusus UMKM
Sosialisasi Radio Rama 104,7 FM tentang PP 46 Tahun 2013
Cerita di Warung Kopi
Bayar Pajak Penghasilan Final 1% (UKM) bisa lewat ATM

Setelah dari acara tersebut, Aki Mad'i pun memutuskan untuk langsung membayar pajak penghasilan. Berbekal NPWP yang telah ia daftarkan sebelumya dan surat setoran pajak yang ia miliki, Aki Mad'i membayarkan pajaknya melalui petugas pos yang datang ke koperasi terdekat. Dari penghasilan yang ia peroleh, ia hanya membayar pajak sebanyak Rp 5 ribu.

Meski begitu, kesungguhan dan kepatuhannya membayar pajak menunjukkan bukti bahwa ia mencintai tanah airnya dengan turut membangun bangsa melalui pembayaran pajak. Jika Aki Mad'i saja bisa patuh membayar pajak, bagaimana dengan anda? Sudahkah anda berkontribusi bagi negeri melalui pembayaran pajak?

#PajakMilikBersama

simak videonya berikut ini

Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya