pajak bertutur

KPP Pratama Bandung Cibeunying: mewujudkan pelayanan prima dengan CINTA

Motto KPP Pratama Bandung Cibeunying
Mewujudkan pelayanan prima dengan CINTA (Cekatan, Inovatif, Niat, Tanggap dan Amanah).
Begitulah motto KPP Pratama Bandung Cibeunying. Motto ini menjadi simbol kerja dari seluruh pegawai KPP Pratama Bandung Cibeunying.


“Diharapkan dengan motto tersebut mampu mendorong kinerja seluruh staff menjadi lebih baik sehingga diharapkan mampu memberikan Pelayanan Prima kepada setiap Wajib Pajak," ujar Andi Setiawan, kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying disela-sela acara Penganugerahan Juara Lomba Pelayanan antar KPP sewilayah Kanwil DJP Jawa Barat I, 13 Oktober 2014, di Kanwil DJP Jawa Barat I, Jl. Asia Afrika no.114, Bandung. Dalam lomba tersebut KPP Pratama Bandung Cibeunying berhasil memperoleh juara kedua dan I Kadek Sarasswati Dian W. memperoleh Juara I Frontliner terbaik.
Tim KPP Pratama Bandung Cibeunying dalam acara Penganugerahan Juara Lomba Pelayanan antar KPP sewilayah Kanwil DJP Jawa Barat I, 13 Oktober 2014

Selain itu, ada visi dan misi yang harus dicapai oleh KPP Pratama Bandung Cibeunying. Visi KPP Pratama Bandung Cibeunying adalah “Menjadi Instansi Vertikal DJP yang dapat dipercaya, profesional, dan bersinergi untuk memberikan pelayanan dan pengawasan yang terbaik dalam menghimpun penerimaan pajak”. Sedangkan Misi KPP Pratama Bandung Cibeunying yaitu “Mewujudkan Pelayanan Perpajakan yang Berkualitas, Efektifitas Penyuluhan, Pengawasan dan Penegakan Hukum Dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak dan Tercapainya Penerimaan Pajak yang Optimal”.

Agar semua  tujuan tersebut tercapai, inilah program-program  yang sudah dan akan dilaksanakan di KPP Pratama Cibeunying tahun 2014 demi mewujudkan pelayanan prima terhadap para Wajib Pajak yang sampai dengan tanggal 26 September 2014 berjumlah 122.907 Wajib Pajak.

A. Sarana dan Prasarana

Untuk mewujudkan pelayanan prima tentu saja dibutuhkan sarana dan prasarana yang baik. Sarana dan prasarana tersebut diantaranya adalah :

1. Gedung KPP Pratama Bandung Cibeunying, yang beralamat di Jl. Purnawarman No. 21 Bandung
Gedung KPP Pratama Bandung Cibeunying
2. Ruangan TPT yang lebih nyaman, Penataan ulang lay out TP T dan penambahan beberapa fasiltas bagi wajib pajak membuat TPT 2014 semakin nyaman.
  • Rak Formulir yang lebih tertata, sehingga lebih memudahkan Wajib Pajak dalam menjalankan kewajibannya, pengambilan formulir bagi Wajib Pajak juga dibantu oleh Satpam yang ramah; 
    Rak Formulir dan petugas yang siap membantu Wajib Pajak
  • Meja Help Desk, memudahkan Wajib Pajak yang  membutuhkan bantuan untuk pengisian formulir dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum, misalnya persyaratan Pendaftaran NPWP, PKP dang sebagainya, untuk Konsultasi tentang pajak secara lebih komprehensif, maka Wajib Pajak ditangani oleh Account Representative (AR); 
    Help Desk
  • Rest Room, di salah satu sudut ruangan TPT juga disediakan rest room yang lebih bersih, sehingga Wajib Pajak yang mengantri dan memerlukan rest room tidak harus keluar ruang TPT.
    Rest Room

3. Area parkir, disediakan juga area parkir yang cukup luas bagi wajib pajak.
Area Parkir

4. Sarana Ibadah, KPP Pratama Bandung Cibeunying memiliki Masjid yang bernama Masjid Al-Hidayah. Masjid ini digunakan bukan saja oleh Wajib Pajak dan Pegawai, namun digunakan juga oleh masyarakat sekitar yang kebetulan sedang bepergian atau bekerja disekitar KPP Pratama Bandung Cibeunying.
Masjid Al-Hidayah KPP Pratama Bandung Cibeunying

B. Peningkatan Mutu Pelayanan dan Inovasi

1. Renovasi Ruang TPT,

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, bahwa TPT 2014 sekarang lebih nyaman, dikarenakan adana penataan ulang lay out dan penambahan beberapa fasilitas bagi wajib pajak (lihat penjelasan sebelumnya).
View TPT KPP Pratama Bandung Cibeunying

2. Aplikasi Tanda Terima Drop Box SPT Tahunan PPh Tahun 2013 secara komputerisasi.

Aplikasi ini diadopsi dari KPP Pratama Semarang Barat dan mulai diterapkan di KPP Pratama Bandung Cibeunying pada Penerimaan SPT Tahunan PPh Tahun 2013. Aplikasi ini sangat mempermudah pekerjaan petugas Back Ofiice Seksi Pelayanan karena tidak perlu meng-entry lagi tanda terima secara manual serta proses pengiriman SPT ke KPP Lain lebih cepat karena sudah menggunakan aplikasi Perfect Keyboard.
View aplikasi Tanda Terima Dropbox 2013 (SPT Tahunan)

3. Aplikasi Dashboard Executive dan Pengelolaan Arsip, 

Aplikasi ini terdiri dari tiga modul utama yaitu modul MPN, Pemeriksaan dan Pengelolaan Arsip.
Ilustrasi Executive Dashboard KPP Pratama Bandung Cibeunying

Beberapa manfaat dan keunggulan aplikasi ini adalah :
  • Otomasi pengolahan data MPN & SPM (yang selama ini dilakukan secara manual oleh Seksi PDI) 
  • Membantu Kepala Kantor serta Kasie Waskon & AR sehingga dapat lebih cepat mengetahui perkembangan penerimaan serta permasalahannya tanpa harus menunggu pengolahan manual oleh Seksi PDI
  • Diintegrasikan dengan Email dimana setiap pagi Senin s.d. Jumat Kepala Kantor secara otomatis menerima email resume perkembangan penerimaan (telah dilaksanakan oleh KPP Pratama Bandung Cibeunying)
  • Kepala Kantor dapat melakukan akses secara remote via koneksi secure VPN yang dilindungi password sehingga Kepala Kantor saat berada dimanapun akan selalu dapat memantau perkembangan penerimaan beserta detilnya dari ponselnya
  • Dapat diintegrasikan dengan SMS untuk mengingatkan WP agar tepat waktu dalam membayar maupun melapor (telah dilaksanakan di KPP LTO 1 yang jumlah WP-nya lebih sedikit daripada Pratama dimana SMS Pengingat Setor dikirim tiap tanggal 10 dan SMS Pengingat Lapor SPT dikirim tiap tanggal 16)

4. Memperluas Komunikasi dengan Wajib Pajak.

Dalam rangka memberikan pengetahuan tentang perpajakan kepada wajib pajak, Tim Penyuluhan KPP Pratama Bandung Cibeunying melakukan inovasi melalui berbagai media, diantaranya :
  • Talkshow Radio, diantaranya di Radio PRFM yang bekerja sama dengan Kanwil DJP Jabar I, Radio KLCBS dan Radio Rama FM. 
    talkshow perdana 2014 di KLCBS
  • Kelas Pajak, selengkapnya, klik disini
  • Sosialisasi bendahara mahir pajak, selengkapnya, klik disini
  • Pembuatan Blog, Salah satu media yang sedang naik daun saat ini dalam penyampaian informasi yaitu melalui blog. Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying menunjuk Kepala Seksi Ekstensifikasi Perpajakan selaku ketua Tim Penyuluhan, untuk membuat Blog yang kami beri nama Catatan Ekstens yang beralamat ekstensifikasi423.blogspot.com sebagai salah satu sarana agar Wajib Pajak dan  Fiskus terjalin hubungan yang  lebih erat, segala informasi mudah didapat, koreksi dan saran mudah disampaikan serta sebagai sarana berbagi komunikasi antar pegawai pajak khususnya KPP Pratama Bandung Cibeunying dan komunikasi antara Seksi Ekstensifikasi Perpajakan dengan Wajib Pajak pada umumnya. Untuk melakukan penyebaan informasi juga dilakukan melalui media sosial facebook dengan nama catatan ekstens fans page dan twitter Catatan Ekstens @ekstens423. (baca juga:  Perjalanan Waktu dari sebuah Blog Catatan Ekstens)

5. Peningkatan Kapasitas Pegawai

KPP Pratama Bandung Cibeunying dalam rangka meningkatkan kapasitas pegawai dilakukan dengan cara peningkatan soft skill dan hard skill, tujuannya adalah agar para pegawai mempunyai Integritas dan Kompetensi yang tinggi. Soft skill dilakukan dengan melakukan briefing, yel-yel, doa pagi, ICV, dan Pengajian rutin. Sedangkan Hard Skill dilakukan melalui In House Training dan Pelatihan untuk satpam.
Briefing, Yel-yel dan Doa pagi

Video profil Tempat Pelayanan Terpadu KPP Pratama Bandung Cibeunying



Program Kerja yang akan dilaksanakan :
  1. Pelatihan Pelayanan Prima untuk Petugas Satpam
  2. Penyediaan Ruang Layanan Berdikari
  3. Tax Goes To Campus
  4. Menyelesaikan Pengelolaan Arsip/Berkas
  5. Menyelesaikan Pemrosesan SPT Tahunan
  6. Memperbaiki Ruang Konseling dan Ruang Closing Pembahasan Akhir dan sarana penunjang lainnya.
Semua program tersebut bertujuan agar kepatuhan Wajib Pajak meningkat, sehingga target penerimaan pajak bisa tercapai dengan maksimal. Dengan CINTA kami pasti bisa…

Kepala Kantor dan Kasi Pelayanan beserta Staff TPT

Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya