Manfaatkan segera amnesti pajak. Ungkap. Tebus. Lega

KPP Pratama Bandung Cibeunying gelar HSTRS 2014 di SMAN 1 Bandung

High School Tax Road Show (HSTRS) 2014 di SMAN 1 Bandung
Tim Penyuluhan KPP Pratama Bandung Cibeunying menyelenggarakan High School Tax Road Show (HSTRS) 2014 di SMAN 1 Bandung, Jl. Ir. H. Juanda No. 93 Bandung, Selasa, 25 November 2014. Kegiatan yang digelar bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional ini menyasar para siswa yang merupakan calon Wajib Pajak masa depan. Bertempat di Aula SMAN 1 Bandung, para siswa SMAN 1 Bandung belajar mengenal pajak bersama KPP Pratama Bandung Cibeunying.

Para Peserta,  Siswa SMAN 1 Bandung
Para siswa antusias menyambut kedatangan tim penyuluh KPP Pratama Bandung Cibeunying dan terlihat enjoy dalam belajar pajak untuk menambah ilmu pengetahuan mereka tentang dunia perpajakan. Acara yang mengusung tema “Barudak Bandung Ngerti dan Peduli Pajak” ini pun berlangsung meriah dan menyenangkan.

Doa bersama dipimpin oleh M. Rifki Romdhoni, S.Ag., M.M.
Acara dimulai dengan doa bersama agar acara berjalan lancar tanpa halangan, yang dipimpin oleh M. Rifki Romdhoni, S.Ag., M.M. (guru/Wakasek), terlihat para peserta dan panitia khusuk bermunajat kepada sang khalik. Lalu, masuklah dua pemandu acara Teh Kadek dan Kang Dadang sambil menyanyikan Indonesia Pusaka, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying, Andi Setiawan. “Salah satu fungsi KPP selain pelayanan kepada Wajib Pajak, penegakan hukum dan sebagainya, namun juga melakukan edukasi kepada masyarakat, baik itu yang sudah menjadi Wajib Pajak maupun bagi Calon Wajib Pajak” ujarnya memulai sambutannya.

Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying memberikan sambutan
Lebih lanjut beliau menjelaskan, ”Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada Calon Wajib Pajak (para siswa) tentang apa itu pajak, mengapa harus bayar pajak, dan untuk apa uang pajak yang akan lebih detil disampaikan nanti oleh pemateri. Uang Pajak yang dibayarkan oleh para orang tua kita atau saudara kita yang telah menjadi Wajib Pajak adalah untuk membiayai APBN yang lebih dari 70%-nya dari pajak, yang selanjutnya digunakan untuk membiayai pembangunan, misalnya pembangunan jalan, pemeliharaan selokan/drainase, subsidi, membangun sekolah, dana pendidikan (BOS) dan fasilitas publik lainnya. Oleh karena itu diharapkan agar adik-adik (para siswa) nantinya menjadi penerus orang tua atau saudara-saudara kita yang telah menjadi Wajib Pajak tersebut, dan jangan menjadi free rider, menikmati fasilitasnya tanpa turut berkontribusi ”.

Sambutan kedua disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Bandung, Drs. H. Cucu Saputra, M.M.Pd. Beliau menyampaikan “Kedewasaan sebuah bangsa (bangsa yang maju) salah satu indikatornya bisa dilihat dari perilaku, sikap dan cara berfikir generasi mudanya (golden age).  Bayangkan diusiamu (para siswa-red) Bung Karno dan Bung Syahrir dulu, sudah memikirkan bangsa ini, kalian jangan tenggelam dengan situasi hedonis.”

Kepala SMAN 1 Bandung memberikan sambutan 
“Memang salah kaprah ketika memandang bahwa pendidikan disaat usia golden age ini hanyalah tugas para guru. Sekarang di Jepang ada sebuah gerakan yang dilakukan oleh kaum ibu-ibu, bahwa martabat dan eksisitensi kaum perempuan di Jepang bukanlah bisa kuliah di S1, S2, S3 dan kemudian memperoleh penghasilan yang besar, tetapi mereka lebih merasa berprinsip, berprestise, berharga di mata masyarakat manakala dia bekerja di rumah untuk mendidik anak-anak mereka. Pendidikan yang hakiki adalah pendidikan yang diajarkan oleh ibu di rumah.  Jadi sikap kalian disini menunjukkan pendidikan di rumah, maka berperilakulah sebagai pelajar yang terdididik, manfaatkan waktu belajar pajak ini sebaik-baiknya” ujarnya berpesan kepada siswanya.

Pemberian Cinderamata
Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari KPP Pratama Bandung Cibeunying oleh Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying kepada SMAN 1 Bandung yang diterima oleh Kepala SMAN 1 Bandung.
Pemateri duo Agus
Acara inti yaitu penyampaian materi  yang dilakukan secara bergantian oleh duo Agus yaitu A. Agus Wardana (Account Representative) dan Agus Malikhudin (Fungsional Pemeriksa Pajak). Diselingi dengan games dan pertanyaan-pertanyaan yang menarik dari pemateri membuat suasana begitu bersemangat. Canda dan tawa mengiringi di setiap acara. Apalagi untuk peserta yang berhasil menjawab pertanyaan pemateri mendapatkan cinderamata dari panitia.

Partisipasi peserta dalam berinteraksi dengan pemateri
Diselingi pentas seni yang diisi oleh siswa SMAN 1 Bandung, membuat acara semakin meriah. Bakat-bakat seni  yang di pentaskan diantaranya Tari Jaipong, Paduan Suara dan Pembawa Acara.

Tari Jaipong 1
Tari Jaipong 2
Paduan Suara "Ivana"
Pemandu Acara
Secara keseluruhan, acara ini berjalan lancar dan meriah. Dengan diadakannya High School Tax Road Show (HSTRS) 2014 ini diharapkan agar para siswa SMAN 1 Bandung dapat mengerti dan peduli sejak dini bahwa pajak adalah salah satu pilar utama di dalam pembangunan di Indonesia.

Note:
artikel ini dimuat di situs resmi DJP (www.pajak.go.id
Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya