pajak bertutur

ICV KPP Pratama Bandung Cibeunying 2015, Dengan CINTA Kita Bisa!!!

ICV KPP Pratama Bandung Cibeunying 2015, Dengan CINTA Kita Bisa!!! 

Catatan Ekstens - Mengusung motto KPP Pratama Bandung Cibeunying “Mewujudkan pelayanan prima dengan CINTA (Cekatan, Inovatif, Niat, Tanggap dan Amanah), Internalisasi Corporate Value (ICV) KPP Pratama Bandung Cibeunying tahun 2015 mengambil tema “Dengan CINTA Kita Bisa!!!”.

Kenaikan target penerimaan pajak yang lebih dari 30% dari tahun 2014 menjadi tantangan tersendiri bagi Ditjen Pajak Kementerian Keuangan di tahun 2015. Salah satu upaya menjaga semangat untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan diselengarakannya Internalisasi Corporate Value (ICV) yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Kementerian Keuangan (Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan), agar selalu melekat pada masing-masing pegawai Ditjen Pajak dalam melaksanakan tugas.

Kegiatan ICV yang diadakan pada Sabtu-Minggu, 5-6 September 2015 di Pantai Pangandaran dan Green Canyon, Pangandaran, Jawa Barat ini diikuti oleh seluruh pegawai KPP Pratama Bandung Cibeunying. Para peserta terlihat antusias dan semangat mengikuti kegiatan ICV meskipun jarak yang ditempuh cukup jauh, yaitu sekitar 7 jam perjalanan.

Para peserta berkumpul tepat pukul 06.00 WIB di lingkungan KPP Pratama Bandung Cibeunying. Sebelum berangkat, Kepala Kantor Andi Setiawan memberikan pengarahan agar sebelum memulai kegiatan ini berdoa bersama. Dipimpin salah seorang pegawai, Achmad Supardi, seluruh pegawai berdoa dahulu demi kelancaran perjalanan dan kegiatan ICV tahun ini.

Berdoa sebelum berangkat
Setelah semua persiapan dan pengecekan selesai dilakukan, pada pukul 07.00 WIB kedua bus rombongan berangkat menuju lokasi Pangandaran. Sekitar pukul 14.00 WIB rombongan bus sampai di hotel yang disediakan panitia. Sesampainya di hotel para peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk mengisi kamar yang telah dipersiapkan sebelumnya dan untuk beristirahat sejenak menunggu acara inti yang dijadwalkan malam hari mulai pukul 19.30 WIB setelah acara makan malam.

Malam hari pun tiba, acara inti ICV dilaksanakan dengan diawali sambutan dari Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying Andi Setiawan.

Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying, Andi Setiawan memnyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya, Andi menjelaskan bahwa setiap permasalahan harus disikapi sesuai sudut pandang. Tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan. Setiap hal yang pada awalnya terlihat mustahil, akan menjadi mungkin dicapai dengan keyakinan dan ikhtiar. 

“Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum, sampai kaum itu merubahnya sendiri. Dengan modal awal keyakinan dan ikhtiar, tidak ada yang tidak mungkin, dengan CINTA kita Bisa!!!, DJP Bisa!!!” Pungkasnya sambil mengepalkan tangan ke atas dan diikuti seluruh peserta sambil berteriak “Bisa, Bisa, Bisa!!!”.

Selanjutnya acara perpisahan bagi para pegawai yang dimutasi ke tempat baru, yaitu Soleh Yulianto, Suzi Lestari, Cahyadi Juhara, Erli Zerlita, dan Moh. Cholid.
Pemberian cinderamata bagi pegawai yang mutasi 

Acara selanjutnya adalah games yang dibawakan oleh fasilitator Dadang Komarudin dan Rista Vera. Para peserta dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan bulan lahirnya. Permainan yang dibuat mengutamakan kekompakan dan kerjasama diantara para peserta yang tujuannya sejalan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Tepat pukul 22.00 acara games berakhir dan peserta dipersilakan untuk beristirahat karena pada esok hari akan ada kegiatan body rafting di Cukang Taneuh yang terkenal sebagai Green Canyon Indonesia yaitu di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat.
games, bertujuan membangun sinergi antar pegawai


Minggu pagi pukul 07.30 WIB setelah semua peserta sarapan pagi, peserta langsung naik ke bus rombongan untuk melanjutkan perjalanan kegiatan ICV yaitu body rafting di Green Canyon.
Para peserta mengenakan perlengkapan body rafting dan langsung menuju ke lokasi.
Semangat menghadapi tantangan
Keceriaan dan antusiasme tampak di raut wajah seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini meski tantangan yang dihadapi cukup berat, menaklukkan terjalnya bebatuan dan jeram sepanjang sekira 3 KM dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Tak jarang peserta harus mendaki terjalnya dinding bebatuan agar bisa melewati jalur yang ditentukan. Para peserta terlihat bahu-membahu menyelesaikan setiap hambatan.
Tantangan dihadapi dengan gembira
Pengorbanan peserta seakan terbayar dengan pemandangan cekungan dinding terjal, aliran sungai yang bening, serta udara yang sejuk. Beberapa kali juga peserta melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri tetesan air yang masih sangat alami. Sungguh, Green Canyon adalah sebuah karya yang luar biasa dari Sang Pencipta.
Keceriaan setelah berhasil menaklukkan tantangan Green Canyon
Semangat kebersamaan tersebut menjadi refleksi nyata bahwa seluruh pegawai di Lingkungan KPP Pratama Bandung Cibeunying memiliki visi, tekad dan semangat yang sama dalam mencapai setiap tugas yang dibebankan. Sementara, setiap tantangan sepanjang rute body rafting, adalah perumpamaan dari beratnya tantangan yang dihadapi oleh DJP. Namun dengan keyakinan dan kebersamaan, semua tantangan pasti dapat diatasi. Dengan CINTA kita bisa!!!

DJP BISA!!!
Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya