pajak bertutur

Cara KPP Pratama Bandung Cibeunying Wujudkan Anak Muda Ngerti Pajak


Tax Goes To Campus 2015 KPP Pratama Bandung Cibeunying
Catatan Ekstens - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Cibeunying bekerjasama dengan Universitas Islam Bandung (UNISBA) menggelar "Tax Goes To Campus 2015, Anak Muda Ngerti Pajak" sebagai bagian dari upaya sosialisasi pajak kepada masyarakat, terutama kepada mahasiswa sebagai calon Wajib Pajak masa depan, agar mereka mulai mengerti dan peduli pajak. Acara yang berlangsung di Gedung Hj. Kartimi Kridhoharsojo, UNISBA, Jl. Tamansari Nomor 1, Bandung ini diikuti oleh 200-an mahasiswa, Kamis (19/11/2015).

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan target penerimaan pajak 2015 meningkat sebesar 38,7% (1.295 triliun, menyokong hampir 75% dari keseluruhan APBN 2015) dari realisasi penerimaan tahun 2014 sebesar Rp 897 triliun. Peningkatan target tahun ini adalah yang terbesar dalam sejarah perpajakan Indonesia. Lonjakan tersebut di luar pertumbuhan alami penerimaan pajak sebesar 15,73%, seiring dengan rata-rata pertumbuhan Produk Domestik Bruto sebesar 15,40%. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Direktorat Jenderal Pajak dalam mewujudkannya. Keberhasilan pengumpulan pajak sebesar itu tentu menuntut partisipasi seluruh warga negara Indonesia dalam membayar pajak.

Tampak hadir Rektor Unisba Prof. Dr. dr. M. Thaufiq Siddiq Boesoirie, M.S., Sp.THT KL dan Civitas Akademika UNISBA
Ditambah ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sebentar lagi akan diberlakukan mulai tanggal 31 Desember 2015. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan komunitas kerjasama perdagangan bebas yang mencakup manusia (tenaga kerja), barang, dan jasa dimana sudah tidak ada lagi halangan atau batas-batas dalam mobilitas faktor faktor produksi . Hal ini tentu menuntut kita sebagai rakyat Indonesia khususnya anak muda Indonesia agar tidak kalah bersaing dalam kancah internasional karena di era kreatif ini persaingan akan semakin ketat.

Rektor UNISBA, Prof. Dr. dr. M. Thaufiq Siddiq Boesoirie, M.S., Sp.THT KL memberikan sambutan
Mengingat hal tersebut generasi muda harus segera mempersiapkan diri dalam menghadapi dinamika saat ini dengan menumbuhkan jiwa entrepreneurship. Tumbuhnya jiwa entrepereneurship dikalangan anak muda diharapkan akan mampu menaikan daya saing negara kita dalam kancah persaingan regional maupun global. Selain itu, keberhasilan entrepreneurship akan menopang perekonomian negara melalui kontribusi pajak yang dibayarkan oleh para pelaku usaha. Peran serta pelaku usaha dalam kepedulian terhadap pajak merupakan pilar utama menuju kemandirian bangsa.

Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying, Andi Setiawan memberikan sambutan
dalam acara Tax Goes To Campus 2015 di kampus UNISBA
Ditemui disela acara Tax Goes To Campus 2015, Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying, Andi Setiawan mengatakan acara ini adalah cara KPP Pratama Bandung Cibeunying mewujudkan anak muda agar mengerti dan peduli pajak yang peranannya telah menopang lebih dari 2/3 APBN.

"Tax Goes To Campus 2015 adalah media sosialisasi yang baik bagi generasi muda terutama mahasiswa. Mereka nantinya akan menjadi penyebar informasi kepada khalayak yang lebih luas. Tak hanya itu, mereka jugalah yang nantinya akan menjadi para pembayar pajak. Ini bisa kita sebut sebagai sebuah investasi dalam menjawab tantangan di masa depan,” ujarnya.
Pemberian Cinderamata dari KPP Pratama Bandung Cibeunying kepada UNISBA
Dengan kegiatan sosialisasi perpajakan yang dikemas dengan konsep anak muda yang 'nongkrong' di kafe sambil 'ngobrol pajak' dengan bintang tamu Dygta Band, Angel Karamoy, Nayaka Untara dan Widi Widodo, diharapkan sosialisasi pajak bisa lebih mudah dipahami dan diserap oleh mahasiswa dan kedepannya diharapkan mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneurship sebagai perwakilan generasi muda akan turut memberikan kontribusi nyata dengan membayar pajak dari hasil usaha yang dijalankannya.
Ngobrol Pajak dengan bintang tamu Dygta Band, Angel Karamoy, Nayaka Untara dan Widi Widodo
Membayar pajak merupakan wujud pengabdian kita terhadap Negara kita Indonesia. Apalagi mahasiswa adalah generasi muda yang sangat peduli akan kemajuan Negara dan salah satu fungsi pajak adalah untuk pembangunan, yang berarti mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera di semua aspek kehidupan. Karena tujuan pembangunan adalah untuk rakyat maka sudah sewajarnya mahasiswa ikut andil bersama-sama dalam pembiayaan pembangunan, dengan memenuhi kewajiban perpajakan dengan baik dan benar.
Interaksi dengan mahasiswa UNISBA
Dalam konteks dinamika saat ini peran anak muda yang kreatif, inovatif, dan memiliki jiwa entrepreneurship serta peduli terhadap pajak akan semakin membuat kita menyadari tanggung jawab untuk turut serta membiayai negara melalui pajak. Karena kemajuan negeri ini ada di tangan rakyatnya sendiri, karena #PajakMilikBersama.

Liputan Tax Goes To Campus KPP Pratama Bandung Cibeunying oleh Net.

Baca juga:
Tax Goes To Campus di Unpad Bandung
Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya