Tampilan halaman DJP Online (djponline.pajak.go.id) |
Catatan Ekstens - Pada artikel Sistem Pembayaran Pajak Secara Elektronik (Billing System) telah diuraian tata cara pembuatan ID Billing Pajak pada laman sse.pajak.go.id atau kami menyebutnya e-billing generasi 1. DJP saat ini telah merilis e-billing pajak generasi 2 pada laman DJP Online (djponline.pajak.go.id).
Apa perbedaannya?
Alur kerjanya tak ada perbedaan. Anda diminta untuk mendaftar, login, buat ID billing, lantas lakukan pembayaran, bisa melalui teller bank/kantor pos, mesin ATM, internet banking, atau mesin EDC.
Namun jika harus dicari perbedaanya, setidaknya ada 6 (enam) hal berikut yang dapat dijadikan perbedaan atas ebilling generasi 1 dan ebilling generasi 2:
Keutamaan e-billing pajak generasi 2 adalah apapun jenis wajib pajaknya (orang pribadi, badan, bendahara), dapat melakukan pengisian Surat Setoran Elektronik (SSE) untuk NPWP sendiri, NPWP lain (misal untuk pemotongan/pemungutan) maupun Non-NPWP (NPWP 00.000.000.0-kpp.000, misal untuk pembayaran PPN KMS).
Login
Untuk dapat masuk (login) ke halaman DJP online ada beberapa catatan :
Apa perbedaannya?
Alur kerjanya tak ada perbedaan. Anda diminta untuk mendaftar, login, buat ID billing, lantas lakukan pembayaran, bisa melalui teller bank/kantor pos, mesin ATM, internet banking, atau mesin EDC.
Baca juga : Cara Mudah Buat ID Billing dan Bayar Pajak Melalui ATM Mandiri
Namun jika harus dicari perbedaanya, setidaknya ada 6 (enam) hal berikut yang dapat dijadikan perbedaan atas ebilling generasi 1 dan ebilling generasi 2:
No | Uraian | E-biling pajak generasi 1 | E-biling pajak generasi 2 |
1 | Alamat situs | sse.pajak.go.id | sse2.pajak.go.id |
djponline.pajak.go.id | |||
2 | integrasi | tidak terintegrasi dengan laman DJP online | Terintegrasi dengan laman DJP Online |
3 | generate id billing untuk pemungut | terbatas untuk bendahara saja | dapat men-generate id billing untuk pemotongan/pemungutan pajak yang lebih luas, termasuk bagi lawan transaksi yang tidak ber-NPWP (00.000.000.0-KPP.000) |
Fitur berjalan tidak berdasarkan jenis pengguna aplikasi, namun berdasarkan jenis pajak dan jenis setoran | |||
4 | username (akun) | satu akun hanya untuk satu aplikasi | satu akun dapat digunakan untuk beberapa layanan pada laman DJP online |
5 | satu email dapat didaftarkan berkali-kali untuk akun yang berbeda | satu email hanya untuk satu akun | |
6 | E-FIN (Elektronik Filing Identification Number) | tidak perlu E-FIN | Pendaftaran baru Wajib menggunakan E-FIN |
Keutamaan e-billing pajak generasi 2 adalah apapun jenis wajib pajaknya (orang pribadi, badan, bendahara), dapat melakukan pengisian Surat Setoran Elektronik (SSE) untuk NPWP sendiri, NPWP lain (misal untuk pemotongan/pemungutan) maupun Non-NPWP (NPWP 00.000.000.0-kpp.000, misal untuk pembayaran PPN KMS).
halaman ebiling jika anda telah login pada DJP Online |
Login
Untuk dapat masuk (login) ke halaman DJP online ada beberapa catatan :
- Jika anda telah terdaftar sebagai pengguna aplikasi DJP online (misalnya pernah lapor SPT menggunakan e-filling), silakan gunakan username dan password DJP online
- Jika sama sekali belum pernah mendaftar, lakukan permohonan aktivasi EFIN terlebih dahulu ke KPP terdekat. Tata cara dan formulir permohonan EFIN dapat dilihat di Per-41/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.
Prosedur penerbitan ID billing generasi 2 (via djponline.pajak.go.id) |
Klik di sini untuk download slide diatas
Demikian artikel tentang ebilling pajak generasi 2 kali ini. Semoga bermanfaat. Jika masih ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar ya...
Download Petunjuk Penggunaan E-billing Pajak Generasi 2
Baca juga :
Cara mengajukan aktivasi EFIN
Lupa Password DJP Online? begini solusinya
Demikian artikel tentang ebilling pajak generasi 2 kali ini. Semoga bermanfaat. Jika masih ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar ya...
Download Petunjuk Penggunaan E-billing Pajak Generasi 2
Baca juga :
Cara mengajukan aktivasi EFIN
Lupa Password DJP Online? begini solusinya
saya sudah di e-billing generasi 1 tapi saat mau login ke e-billing generasi 2 kenapa ditolak dengan alasan "Pesan Kesalahan:SO003-Password Tidak Sesuai,email terdaftar:mira.niken@activfurniture.com". Padahal jika saya login dengan e-billing generasi 1 bisa masuk.
ReplyDeleteMohon pencerahan. Tq
apakah anda sudah terdftar juga di aplikasi DJP online? jika sudah gunakan login DJP online
DeleteMin sy login SSe1 koq Link aktivasinya ga bisa2 melulu ya tapi bisa login ke SSe.pajak.go.id pake pin yg us dikasih ? thx
ReplyDeleteberarti sudah terdaftar... lanjutkan proses pembuatan id billingnya...
Deletekalau ada kesalahan salah entri tahun pembayaran pajak bagaimana cara menggantinya bila sudah terbit id billingnya
ReplyDeletebikin baru lagi saja
Deletebagaimana jika email yang dimasukkan salah? apakah bisa update masukkan email lg? thanks pak
ReplyDeleteuntuk yang di DJP online, di akun bisa reset email.
Deletejika masih bermasalah sila hubungi call center MPN G2 (billing system pajak) di nomor (021) 529.03021 / 529.03801-08
Deletekenapa ya kok kode jenis pajaknya di ebilling tidak semuanya muncul? saya mau buat sse pph pasal 25 tapi ga ada kode jenis pajaknya. ada yang tau solusinya gimana?
ReplyDeletegunakan browser lain yang update terakhir. kami barusan coba ada kok.
Deletejika masih bermasalah sila hubungi call center MPN G2 (billing system pajak) di nomor (021) 529.03021 / 529.03801-08
Deletesama gan,saya mau buat juga tidak bisa 411125 nya gak ada dari 24 lompat ke 26
Deletejika masih bermasalah, silakan mention twitter @kring_pajak dan @kpp_cibeunying, capture tampilan aplikasinya ya...
Deletegimana ya solusinya agar bisa input kode akun 411125 di e-billing? soalnya di tempatku tampilanya gak ada kode akun tersebut.
Deletesilakan coba lagi, barusan kami coba ada. kami gunakan browser chrome di sse2.pajak.go.id
DeleteApa tidak bisa dibuat yg simple permintaan e billing bagi orang yg tdk akrap dgn computer sangat merepotkan sesudah mencoba minta e billing tdk bisa langsung dapat malah sering ditolak dibilang ada yg kurang datanya
Deletebapak bisa minta ke KPP terdekat untuk menerbitkan id billingnya
DeleteAda tertulis di petunjuk djponline:
ReplyDeleteUntuk melakukan perubahan profil:
Klik panel Data Profil
Isikan data baru (no handphone dan/atau email)
Klik tombol Ubah Profil
bagaimana cara untuk melakukan perubahan profil di djp online?
langkah di atas sudah dilakukan secara benar, tetapi keluar windows kecil bertuliskan:
djponline.pajak.go.id says:
error: [object Object] status: error er:
Prevent this page from creating additional dialogs
silakan coba lagi. kemungkinan sedang gangguan. untuk perubahan data biasanya dibutuhkan efin.
Deleteperusahaan tempat saya bekerja sudah terdaftar di djp online tapi kok ga bisa pakai e billing waktu saya centang e billing di "tambah ato kurang hak akses" muncul pesan perubahan pesan atas aplikasi billing tidak dapat dilakukan itu kenapa ya mohon bantuannya. terima kasih
ReplyDeleteseharusnya bisa. kemungkinan ada masalah pada aplikasinya. silakan mention twitter @kring_pajak atau telp kring pajak (021) 1500200 agar dapat diketahui penyebabnya.
DeleteSaya juga mengalami hal yang sama tidak bisa masuk ke ebilling, ini terjadi untuk NPWP cabang. NPWP pusat tidak masalah. Menghubungi 1500200 tidak pernah sambung. Tolong.. mau bayar pajak 2 bulan ini terpaksa ke kantor pos sementara jumlahnya lumayan besar. Terimakasih
DeleteOh ya sudah ke AR tapi masih belum ada pemecahan.
gunakan alternatif lain untuk mendapatkan id billing. bisa menggunakan sse.pajak.go.id atau ussd telkomsel dengan mendial *141*500#
DeleteKetika saya melakukan pendaftaran e-billing pada sse.pajak.go.id saya salah memasukan email sehingga tidak mendapatkan email kode verifikasi. Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara lain untuk mendapatkan password sehingga selanjutnya bisa login untuk mendapatkan kode billing, karena pendaftaran tidak bisa diulang lagi. terima kasih atas jawabannya
ReplyDeletejika tidak diaktivasi (link aktivasi dalam email tidak di klik) setelah 3 hari, silakan coba daftar kembali dengan menggunakan email yang valid. jika masih terkendala anda dapat menghubungi call center DJP 1500200 atau mention twitter @kring_pajak
Deletemin, kok saya gk bisa login2 yah. padahal kan saya sdah pernah daftar di sse.pajak.go.id. jika masuk di sse2.pajak.go.id kok tidak bisa yah dapat pesannya seperti ini "Pesan Kesalahan:SO006-Kegagalan Autentikasi". kira-kira letak salahnya dmna yah min. thanks
ReplyDeletecek email anda, ada link aktivasi ga? coba klik kemudian log in kembali
Deletemin, sya juga mengalami permasalahan yang sama, padahal di sse1 saya bisa login dengan npwp dan pin, tetapi masuk ke djponline.pajak.go.id tidak bisa dan dapat pesan seperti ini "Pesan Kesalahan:SO006-Kegagalan Autentikasi". di email juga tidak ada email pemberitauan ataupun aktivasi. saya sudah log in berulang kali juga dan masih gagal. mohon pencerahannya.
Deletesaat ini, untuk menggunakan DJP online, anda harus mengaktivasi efin terlebih dulu, selanjutnya anda membuat akun djponline, log in, ubah hak akses di profile anda ke e-biling
DeleteMin, menurut penjelasan diatas apabila login disse2.pajak.go.id jika pengguna ebiling generasi 1 (sse.pajak.go.id) dan belum terdaftar di aplikasi DJP online, suruh menggunakan username dan PIN SSE tp koq tetap aja muncul pesan "Kesalahan:SO006-Kegagalan Autentikasi", tolong solusinya sbab SSP saya yg hrs disetor menumpuk. Trims
Deletebenar berdasarkan petunjuk yang kami peroleh demikian. pertanyaan anda sudah kami teruskan ke bagian yang berwenang. hingga saat ini pun masih belum connect antara sse dan djp online.
DeleteKenapa saat aktivasi dan kode aktivasi sudah dimasukan setelah klik proses dilanjutkan selalu muncul data tidak ditemukan...?
ReplyDeletepadahal saya perlu dapatkan e-billing untuk pembayaran PBB
mau bayar pajak kenapa susah begini..
PBB rumah/tanah? itu pajak daerah. kecuali PBB Perkebunan/Pertambangan/Kehutanan masih pajak pusat. silakan menanyakan cara bayar ke Dinas Pelayanan Pajak Kab/Kota lokasi tanah/bangunan berada.
Deletepengisian pendaftaran djp online berulangkali ditolak dengan kesalahan reg 031
ReplyDeletesilakan cek NPWP anda untuk validasi ke KPP terdekat. konsultasikan dengan KPP terdekat.
Deleteapabila tidak sesuai di bukti potong ( selisih 12.580 ) bagaimana ? apabisa dilanjutkan saja ?
ReplyDeleteseharusnya sama, jika tidak silakan cek kembali angka dan perhitungannya.
Deletesaya mau tanya kenapa pada saat saya daftarkan ebilling pas masukkin npwp nama di bawah kolom npwp tidak keluar nama npwp perusahaan saya dan di saat saya masukkan alamat email saya kenapa tidak ada email masuk sampai saya masukkin 3 alamat email saya yg berbeda. dan bacaanya cuman user id tersedia, saya sudah tlp call service ga bisa2 tolong untuk bantuannya agar saya bisa segerah membayar. terimakasih
ReplyDelete"user id tersedia" artinya atas NPWP tersebut sudah pernah didaftarkan dan mempunyai akun ebiling. gunakan alternaif penerbitan ID billing yang lain atau silaka datang ke KPP terdekat untuk bantuan menerbitkan id billing
Deletepak sudah akses untuk e billingnya tetap tidak bisa dibuka
ReplyDeletemasa? kami coba bisa. gunakan alternaif penerbitan ID billing yang lain atau silakan datang ke KPP terdekat untuk bantuan menerbitkan id billing
DeleteSaya membuatPPh Final (411128) di sse.pajak.go.id versi 1 saat meminta "Terbitkan Kode Billing" koq muncul pesan "Response Code: E1 Deskripsi:" yg akhirnya tdk bisa terbit kode billingnya. Tolong solusinya...., thank's
ReplyDeletesilakan di coba kembali, saat ini sudah kami coba dan bisa. jika masih terkendala silakan meminta bantuan ke KPP terdekat untuk menerbitkan ID billing tersebut.
DeletePak tolong tanya keliatan per bulan mei ini ada perubahan di sse.pajak.go.id ya (versi 1)? biasanya saya selalu bisa generate kode billing tetapi hari ini tidak bisa. Pada saat input ssp masih normal tetapi pada saat terbitkan kode billing selalu muncul pesan Response Code : E1 dan akibatnya kode billing tidak pernah terbit. Saya coba di 20 NPWP yang berbeda yang berhasil hanya 2 NPWP yang sudah ada eFIN nya dan hanya 3 yang tanpa eFIN. Jadi saya akali dengan kembali pembayaran SSP manual di kantor pos (masih bisa sampai 30 Juni 2016 ya). Keliatannya wajib pajak DIPAKSA untuk mendaftarkan eFIN ya ? Mohon pencerahannya dan terima kasih atas bantuannya.
ReplyDeletesepengetahuan kami hanya maintenance untuk meningkatkan performa...
DeleteAdmin, saya coba registrasi tetapi selalu ada pesan bahwa ID dan atau email sudah ada, padahal saya belum register. tolong dibantu. thanks.
ReplyDeletesilakan hubungi call center / kring pajak 021-1500200 atau via twitter @kring_pajak
Deletekasusnya sama katanya NPWP sudah terdaftar gimana mau verivikasinya ,,,,
ReplyDeletesolusinya
silakan hubungi call center / kring pajak 021-1500200 atau via twitter @kring_pajak
DeleteMPN G2 tidak bisa melacak / cek idbilling sudah dibayar / belum , cuma setelah bayar saja, sedangkan versi pertama sse 1 bisa melihat idbiliing nomor berapa dibayar dibank apa, cukup dengan memasukkan nomor idbilling, harusnya sse generasi 2 juga bisa dong, masak turun derajat
ReplyDeleteterima kasih atas kritiknya, kami coba sampaikan ke bagian terkait
Deletee-billing generasi ke 2 tidak bisa dibuka. selalu muncul tulisan "This site can’t be reached". adakah cara lain?
ReplyDeletesilakan gunakan sse.pajak.go.id atau ke KPP terdekat untuk bantuan menerbitkan id billing
Deletekenapa udah 2 hari ini e billing nggak bisa ke bukak/ ndak bisa diakses, biasanya selama ini lancar-lancar aja
ReplyDeletesedang maintenance pak, kami coba akses belum bisa. silakan gunakan sse.pajak.go.id atau ke KPP terdekat untuk bantuan menerbitkan id billing
Deletehttp://sse2.pajak.go.id mengalami gangguan, ada solusi lain? Pake *141*500# juga tidak bisa. Thx
ReplyDeletesilakan gunakan sse.pajak.go.id atau hubungi ke KPP terdekat
DeletePengisian SSE sudah berhasil, tapi begitu ingin mengklik "kode billing" tidak bisa, kenapa ya?
ReplyDeletecoba clear hystory nya.. coba lagi
DeleteTanya pak, sy sdh bisa masuk di see dpnonline mamun pada saat isi saw untuk penyetor npwp lain koq gak bisa ya ? Yg muncul npwp sy pribadi. Apakah sse2 sdh dapat digunakan? Terima kasih
ReplyDeletedafaultnya memang NPWP sesuai akun kita. coa di delete semua npwp tersebut lantas entry npwp rekanan kita
Deletetanya pak
ReplyDeletesaya juga mengalami permasalahan yang sama, di SSE1 saya bisa login dengan npwp dan pin, tetapi masuk ke djponline.pajak.go.id tidak bisa dan dapat pesan seperti ini "Pesan Kesalahan:SO006-Kegagalan Autentikasi".
saya menghubungi nomor 021 52903801-08 selalu sibuk. saya sudah log in berulang kali . mohon pencerahannya.
untuk yang di DJP online harus menggunakan efin.
Deletepak saya coba hari ini baikk sse.pajak.go.id ataupun djponline.go.id kok semua nya error?
ReplyDeleteapakah sepihak dr tmpt saya saja?
trima kasih
silakan di coba kembali...
Deletesaya sudah di e-billing generasi 1 tapi saat mau login ke e-billing generasi 2 kenapa ditolak dengan alasan "Pesan Kesalahan:SO002-Data Pengguna Tidak Ditemukan". Sedangkan saya coba masukan e-billing generasi 1 bisa dilakukan tetapi mau login ke e-billing generasi 2 ditolak dengan alasan seperti diatas.
ReplyDeleteSedangkan penjelasan diatas bahwa Jika anda pengguna ebiling generasi 1 (sse.pajak.go.id) dan belum terdaftar di aplikasi DJP online, gunakan username dan PIN SSE anda. Mohon pencerahan apakah harus daftar ulang lagi. Tq
betul, untuk menggunakan sse2 sekarang harus menggunakan efin, bikin akun djp online dulu
Deletepak mau nanya...setelah sy masukan data dan mau menerbitkan kode billing kenapa kok tidak bias karena no SK tidak sesuai format padahal no SK sudah diisi dengan angka 0 semua karena tidak ada.mohon bantuannya.
ReplyDeletenomor sk tak perlu di utak-atik jika memang ga ada. coba refresh lagi halamannya
Deletesaya sudah bisa masuk ke e-billing generasi 2, tapi tidak bisa mencetak ID billing ? lagi gangguan ya ?
ReplyDeletemasuk ke e-billing 1 ( sse.pajak.go.id ) malah ga bisa masuk. mau bayar pajak tp susah ya... :(
mohon bantuannya rekan. tq
susah cetaknya kenapa? kan tidak mesti dicetak? jika sudah muncul id billing capture saja atau cukup dicatat id billingnya.
DeleteMasuk ke sse1.pajak.go.id susah masuknya kenapa? dengan id billing justru seharusnya mudah karena bisa kapan saja dan dimana saja anda bisa bayar pajak.
jika masih ada yang belum jelas, silakan datang ke KPP terdekat.
Deletepak mau tanya...
ReplyDeletekmarin saya bayar pph final tanpa NPWP bisa di bpd
sekarang diwajibkan pakek ebilling
trus gmna caranya kalo belom punya npwp untuk bayar pph final di e billing g. 2?
soalnya baru saya coba buka yang generasi 2 ttp masuk akun untuk buat baru npwp
PPh final tanpa NPWP? PPh final atas apa ya? jika belum punya NPWP maka disarankan untuk mendaftar dulu NPWPnya. jika masih bingung silakan datang ke KPP untuk konsultasi
Deletepak mw nanya untuk versi 2 untuk pengisian SSE untuk pemotongan/pemungutan atas npwp lain untuk pph pasal 23...pada pilihan pilih subjek tidak muncul npwp lain..mohon pencerahan a pak
ReplyDeletebiasanya langsung hapus saja NPWP kita, kemdian ganti dengan NPWP rekanan
DeletePak,
ReplyDeletesaya bisa login ke DJPOnline, lalu ke bagian tambah/kurang hak akses untuk check mark E-Billingnya, tapi kok masih ga bisa di akses ya? setiap di Klik E-Billingnya, selalu kembali ke halaman beranda, tapi yg E-Filling bisa
silakan hubungi kring pajak 1500200 atau via twitter @kring_pajak
Deleteatau jika ada waktu silakan datang ke KPP terdekat. mudah2an permasalahannya bisa dipecahkan di KPP
Deletepak admin. satu user id apa bila untuk membayar bbrp npwp (misalnya ssp titipan dari keluarga). trim
ReplyDeletebisa.
Deletepak,
ReplyDeletepada e billing versi 2 ini dapat membayarkan npwp pihak lain, apakah termasuk diantaranya pph pasal 4 ayat 2 untuk pajak bunga simpanan?
bisa.. silakan dicoba
DeletePak, sy mau konfirmasi pajak. pas pengisian mengalami kendala karena kode NTPN nya sulit dibaca.
ReplyDeletejd gmn cara cek NTPN nya pak?
terima kasih.
silakan konfirmasi ke tempat pembayaran, atau silakan datang ke KPP terdaftar. mudah2an permasalahannya bisa dipecahkan di KPP
DeleteHari ini saya bayar PPh= 26 Ebilling, waktu View Data ada 10 Ebilling dengan respon "data tidak ditemukan", sementara di Bukti Banknya sudah ada NTPN, gimana ya sobat... caranya
ReplyDeleteyang penting adalah bukti bayar sudah ada NTPN.
DeleteSaia daftar di see pajak...ketikamemasukan data email saia salah ketikjadi tidak bisa dapat id billing nya..ketika mengisi data lagi id sudah ada..mohon solusinya..gan..
ReplyDeletetunggu 3 hari, jika link aktivasi belum di klik silakan coba registrasi ulang. pastikan alamat email valid dan anda mengetahui passwordnya. beberapa Wajib Pajak memasukkan email valid namun lupa password emailnya.
DeleteJika masih terkendala silakan hubungi kring pajak 1500200 atau via twitter @kring_pajak.
siang.. saya mau tanya dong, saya sudah terdaftar e-billing versi 2,tetapi pada saat mau memasukan npwp pihak ke tiga kok tidak bisa diubah ya pada kolom npwp, sedangkan dalam penjelasannya bahwa npwp bisa diubah. mohon arahan dan bantuannya. sekian dan terima kasih
ReplyDeleteada pilihan apakah untuk NPWP sendiri atau NPWP lain. silakan download "disini" slide tutorial diatas
Deletebisakah pph pasal 4(2) tentang peralihan hak atas tanah dan bangunan untuk penjual tanpa npwp disetor menggunakan id billing ? mohon pencerahannya.
ReplyDeletesepengetahuan kami bisa.
Deletesaya sama seperti itu juga,sudah masuk djp online waktu saya klik e-billing kok keluar seperti masuk awal log in djp online kenapa ya.? npwp yang satulagi saya masukkan sudah masuk ke e-billing malah tidak bisa menerbitkan kode billing nya.
ReplyDeletesya coba ulangi lagi hasil nya tetep sama,
tolong bantuan min
clear historynya. gunakan browser chrome atau mozilla. koneksi internet mesti stabil. jika masih terkendala silakan hubungi KPP terdekat atau kring pajak 1500200
Deleteanda bisa meminta bantuan KPP untuk menerbitkan kode billing anda.
DeleteMin mau tanya, karna baru pertama kali pakai e billing saya bingung kenapa tdk bisa di cetak padahal ad pilihan cetak. Jadi saya imput data lagi. Yang saya ingin tanya apakah bermasalah kkalau id billing ny di buat berapa kali namum yang di pakai cuman 1 ?
ReplyDeletega masalah. abaikan saja yang tidak digunakan. id billing ini punya masa aktif 7x24 jam.
Deletemin.. Mau tanya.. Jika WP badan, Sebelumnya kan kita menggunakan sse.pajak.go.id untuk dapat id billing. Nah ada peraturan terbaru bahwa per 1 juli mulai utk sse generasi ke dua. Pada saat sosialisasi, saya dengar bahwa Log in id & password saat log in di sse.pajak.go.id bisa di gunakan di sse2.pajak.go.id. apakah itu benar? atau kita memang harus minta kode e-fin lalu daftar baru di web tersebut? terima kasih
ReplyDeleteharus minta efin dulu. setelah itu bisa menggunakan semua fasilitas yang ada di djponline.pajak.go.id. termasuk untuk lapor SPT secara online juga (efilling).
Deletemohon pencerahan gan...
ReplyDeleteuntuk pembuatan SSP e Billing WAPU BUMN siapa yang membuatnya, rekanan atau BUMN WAPU?
haturnuhun....
yang melakukan pemotongan/pemungutan, setelah dipotong/dipungut, uang pajak tersebut disetorkan. untuk bisa setor ia harus bikin kode billing terlebih dahulu
Deletesaya sudah daftar baru sejak hari sabtu tgl 9 juli 2016 tp email kode aktivasi belum saya terima sampai hari ini gmn solusinya ya?? saya mau daftar baru tp gak bs dan muncul tulisan user id sdh ada... telp call centre pajak jg gak diangkat2 tolong infonya.. tq
ReplyDeletebisa dm melalui twitter @kring_pajak, atau minta bantuan ke KPP agar bisa diteruskan ke pengelolanya.
Deletejika menggunakan djponline sebenarnya bisa menggunakan menu reset password dan email, dipersyaratkan nomor efin anda.
Deletepusing min,
ReplyDeletesaya mau bayar pajak pph final dan pph pasal 4 ayat 2,
sudah dapat efin,daftar di djponline.go.id
tapi ebilling tidak bisa,di klik,tidak ada yang berubah,tetap di halaman awal,kadang malah keluar ke halaman login
(apa harus bikin e-spt dulu baru bisa pilih ebilling?maaf saya awam soal pajak)
mau pakai sse.pajak.go.id,minta pin
pilih lupa pin,sudah isi npwp dan email,klik,tidak ada muncul apa apa,tidak ada info pin sudah terkirim,cek email juga tidak ada email masuk
coba daftar baru,isi npwp,gonta ganti email,di tulis sudah terdaftar
pph final dan pph pasal 4 ayat 2 itu sama saja... mungkin yang dimaksud atas penghasilan...
ReplyDeletedaftar akun sudah...?
cek email.. link aktivasi sudah di klik?
silakan log in
jika menu ebilling belum ada, klik di profil, pojok kiri bawah...
scroll ke bawah, ada menu ebilling, cek list. ok/simpan
jika masih tidak bisa, boleh datang ke KPP untuk bantuan atau telpon kring pajak 1500200
min utk login sse1 apakah eror?
ReplyDeletesoalnya saya tidak memiliki EFIN jd cm bs bayar lwt gen 1.
pdhal koneksi inet saya tdk ada gangguan..cb browser laen sama saja tdk bisa...
silakan dicoba kembali... barusan kami coba bisa
DeleteGimana dengan orang yg bayar pajak utk kakek" dan nenek" . hanya usul lebih baik manual saja . online sangat menyusahkan. Npwp sudah terdaftar , utk dicoba online pake email baru aja gak bisa" . saya sudah coba 3 hari .
ReplyDeletejika kesulitan menerbitkan id billing, bisa minta bantuan ke KPP untuk menerbitkannya. tidak bisanya kenapa?
Deletesolusi tidak bisa akses ebilling?
ReplyDeletetidak bisa akses kenapa?
DeletePagi, mohon pencerahan. Untuk pembayaran PBB P2 apakah menggunakan e billing juga untuk mendapatkan id billingnya ?
ReplyDeleteKalo iya kode, kode jenis pajak dan jenis setorannya bisa diberikan ?
Terimakasih
PBB P2 bukan lagi pajak pusat, sekarang masuk pajak daerah sehingga tidak ada dalam e-billing ini. PBB yang masuk pajak pusat adalah PBB P3 (sektor Perkebunan, Perhutanan, dan Pertambangan)
DeleteSalam Pak, untuk pembuatan id-billing pembayaran PPN apakah bisa disatukan total nominal PPN (dari 20 faktur pajak) hanya 1 kode id-billing ? ataukah dibuat 1 id-billing untuk 1 faktur pajak? mohon penjelasannya.....
ReplyDeleteuntuk pembayaran apa? jika untuk SPT Masa PPN Kurang Bayar maka cukup 1 id billing saja. Jika anda pemotong pajak/bendahara, maka harus per faktur.
ReplyDeletePak.. bisa dibantu, saya mau buat e-billing pada saat login keluar pesan sepert ini "Pesan Kesalahan:SO003-Password Tidak Sesuai,email terdaftar:sm8.ahmadmunawarah@gmail.com".. sudah saya coba berulang kali tapi tetap sama, padahal pembayaran bulan lalu dan sebelumnya lancar saja.. mohon bantuannya untuk pembayaran ppn bulan ini.. terima kasih
ReplyDeletecoba gunakan menu lupa password di djponline.pajak.go.id. siapkan efin
Deletepak saya mw membuat billing untuk PPh pasal 22 dengan kode akun pajak 411122 tapi kode jenis setorannya tidak ada yang 900, ketika memilih jenis setoran PPh pasal 22 langsung otomatis kode jenis setorannya 100. bagaimana y pak?
ReplyDeleteNPWP yang anda masukkan sebagai apa? NPWP pemungut PPh 22 bukan?
Delete900 : Pemungut PPh 22 non Bendaharawan
910 : Pemungut PPh 22 Bendaharawan APBN
920 : Pemungut PPh 22 Bendaharawan APBD
930 : Pemungut PPh 22 Bendaharawan Dana Desa
sebagai bendahara dana bos sekolah pak, pilihnya yang mana pak??
Deletecek sumber dana dari APBN atau APBD. sesuaikan sama kode diatas (910/920)
Deletemin mo nanya cara ngcek nomor ntpn secara online gimana yach karena no.ntpn cetakan dari bank tidak jelas. mohon petunjuk min
ReplyDeletejika menggunakan sse.pajak.go.id bisa, klik tab view, tapi jika menggunakan djponline tidak bisa. anda bisa ke KPP terdaftar atau ke bank tempat pembayaran pak untuk mengeceknya.
DeleteSaya membuatPPh Final (411128) di sse.pajak.go.id
ReplyDeletesudah muncul ID BILLING nya, pas saya mau cetak kode billingnya malah ngga bisa pak tampilannya kesemula, tapi sudah saya Copy, apakah sudah terdaftar, tanpa harus input ulang ?....
terimakasih,
ya, silakan coba lakukan pembayaran menggunakan id billing tersebut.
Deletemin saya sudah daftar djp online tapi saya gx bisa aktifin e-biling pasti muncul eroor 0029A dan saya sudah konsul ke kpp pajak katanya ganguan tapi lama sekali, eror mulu ni mohon pencerahan dunk capek bolak balik kpp pajak yang laen bisa masa saya eror gitu mulu
ReplyDeletesudah coba cek NPWP, aktif tidak? Efin sudah diaktivasi? Klo boleh kirim via email capture langkah-langkahnya agar kami bisa lebih jelas
DeleteMohon tanya untuk ID Billing yang dibuat di sse.pajak.go.id apakah untuk semua wajib pajak orang pribadi dan Badan juga? sesuai NPWP yang didaftarkan ?
ReplyDeletesemua wajib pajak baik badan dan orang pribadi bisa.
DeleteSelamat siang,
ReplyDeletePak maaf mau tanya untuk SSE2 kan ada menu liat daftar SSE dan konfirmasai NTPN tapi saya buka kok tidak bisa ya?
Mohon penjelasannya.
Terima kasih
harusnya bisa, mungkin saat ini memang sedang tidak bisa diakses.
DeleteSelamat Siang....
ReplyDeletePertannyaan saya hampir sama, saya mau cek apakah idbilling yg saya buat sudah di bayarkan apa belum. bagai mana caranya saya mengetahuinya?
Trimakasih
Jika sudah dibayarkan, anda seharusnya menerima bukti penerimaan negara dari bank/pos.
Deleteselamat siang pak,
ReplyDeletesaya mau bertanya, saya sudah bisa login djp online nya dan mengisi data SSE setelah semua selesai di ujung paling bawah kan ada pilihan reset atau simpan, nah pada saat saya ingin menyimpan data sse, itu tidak bisa disimpan, saya menggunakan laptop, dan saya sudah coba login melalui google chrome ataupun mozilla, tetapi tetap tidak bisa. mohon solusi nya pak . tks
biasanya koneksi terputus atau server sedang maintenance. silakan dicoba lagi
DeleteSalam....
ReplyDeleteSaya telah registrasi e billing, tapi saat saya memasukkan email, tapi emailnya salah, sehingga saya tdk dapat melihat User Id dan passwodnya, saat saya registrasi lagi dengan email yang benar, keterangannya bahwa User Id sudah ada, mohon solusinya, terima kasih....
tunggu 24 jam, coba ulangi prosesnya. ini pake sse.pajak.go.id? coba kanal lain, gunakan djponline.pajak.go.id
Deletejika masih bermasalah, silakan datang ke KPP terdekat atau telp kring pajak 1500200
DeleteSaya bendahara desa ...kenapa waktu login sse2 isian entri sse tidak ada pilihan subjek pajak ....sdh 7 hari tidak ada isian subjek pajak ... sudah sya konfirmasi ke KPP terdekat.... mrka jg tdak thu masalah nya kata pihak KPP ......gimana solusi nya ... kurang efektif klo ky gini terus2an kasian bendahara bnyk pekerjaan yg tertumpuk ...
ReplyDeletepilihan subjek pajak? Apakah yang dimaksud untuk pengisian NPWP rekanan? Jika yang dimaksud itu, ada 2 jenis pajak yang menggunakan NPWP rekanan, yaitu PPN (411211-930) dan PPh 22 (411122-930), maka urutannya :
Delete1. Log in sse2.pajak.go.id
2. pilih e-biling
3. pilih isi sse
4. input NPWP bendahara
5. pilih jenis pajak
6. pilih jenis setoran
7. pilih masa pajak
8. pilih tahun pajak
9. jika membayar untuk PPh 22 dan PPN akan ada pilihan untuk NPWP sendiri atau NPWP orang lain
10. Jumlah setor
11. Klik OK/submit/simpan, buat id billing
saya mau daftar baru sse pajak, sudah mendapatkan email, tp tidak bisa aktivasi. tampilannya error data user. kenapa yah? Tolong infonya yah. terimakasih
ReplyDeletelinknya sse.pajak.go.id atau djponline.pajak.go.id? ada baiknya cek dulu data NPWP nya ke KPP terdekat apakah efekti atau non efektif.
Deletesaya mau tanya. setelah saya selesai mengisi E-billing kemudian mau ngeprint. kok new tab nya cuma layar blank ya? gak ada menu print atau apa. mohon penjelassannya
ReplyDeleteini tergantung komputer biasanya. Saran, jika sudah muncul id billing bisa capture saja (print screen).
Deletekenapa saya kklik ebilling tapi dk muncul jendela baru?
ReplyDeletecek koneksi dan browser, yang disarankan adalah menggunkanan mozilla dan chrome
DeleteMohon info nya, mas.
ReplyDeleteSaya ingin membayar PPh 4(2) atas sewa tempat.
Sekarang di modul sse2, diminta informasi Subjek Pajak : NPWP sendiri atau NPWP lain.
( Beberapa bulan lalu saya coba tidak ditanyakan informasi "subjek pajak" pada ebilling.)
Saya pilih yang mana yah ?
Jika saya pilih NPWP Lain, Slip billing muncul nama supplier yang kita potong. Apakah memang begitu ?
Terima kasih.
Ya, itu kelebihan SSE2, bisa membuat ID billing untuk NPWP lain
Deletesaya mau input npwp rekanan di sse2 kok gak bisa, mohon penjelasannya
ReplyDeletebisa, setelah mengisi jenis pajak dan jenis setoran akan muncul NPWP sendiri atau NPWP lain. Pilih NPWP lain.
Deletesetelah masukan npwp koq nama dan alamat pemilik npwp tidak muncul
ReplyDeletekenapa ya...terus bagaiamana cara mengatasinya
ini masuk via djp online? atau sse.pajak.go.id?
DeleteSelamat siang. Saya mau nanya. Bendahara saya mau bayar pajak NPWP rekanan. Kemarin2 saya pakai sse lama tapi ga bisa nerbitin Billing NPWP rekanan. katanya sekarang menggunakan sse2 yang terhubung dengan djp online. berarti saya harus minta EFIN dan daftar di djp online kan yah? karena saya coba login pakai password sse lama di djp tidak bisa. Mohon pencerahannya. Terima kasih.
ReplyDeleteYa, benar. Minta aktivasi efin, bikin akun djp online
DeleteMin saya sedikit kesusahan ketika mencari data yang sudah di buat untuk di lihat dan di print kembali, mohon bantuannya ?
ReplyDeletemenu tidak disediakan. coba gunakan menu lihat data SSE, masukkan NPWP.
Deletemin , saya ada kendala mau daftar baru untuk sse dan untuk memasukkan nama selalu tidak bisa. mohon bantuannya
ReplyDeletesudah bikin akun?
Deletebuat yang di djponline atau sse.pajak.go.id
Deletedisarankan membuat akun di djponline saja...
mengapa saya klik e-billing tidak keluar aplikasinya, mohon pencerahan pak?
ReplyDeleteada block pop up ga? klo pake chrome cek di address bar ujung kanan dekat tanda bintang, buka block nya (allow)
Deletesudah masuk di djponline waktu klik e-billing tidak keluar aplikasinya, mohon pencerahannya pak
ReplyDeletekemungkinan setting pop up block...
Deletemin, kalo untuk pph sewa (Penyewa WP Bdn sebagai pemotong)di e-Billing Subjek pajaknya diisi "NPWP Sendiri" ato "NPWP Lain (yg menyewakan)"?? mohon dijawab yaa... saya mau setor bingung nih bikin e-billingnya
ReplyDeleteApabila yang menyewa adalah orang pribadi maka disetorkan oleh pemilik (yang menyewakan), namun bila yang menyewa adalah orang pribadi atau badan yang ditunjuk sebagai pemotong PPh, maka dipotong dan disetorkan oleh penyewa, pemilik indekos diberikan bukti potong.
DeleteServer Application Unavailable
ReplyDeleteThe web application you are attempting to access on this web server is currently unavailable. Please hit the "Refresh" button in your web browser to retry your request.
Administrator Note: An error message detailing the cause of this specific request failure can be found in the application event log of the web server. Please review this log entry to discover what caused this error to occur.
Kenapa DI SSE 1 Keluar Begitu Min?
gunakan browser mozilla atau chrome. silakan dicoba kembali
Deletetadi saya baru buka web sse.pajak.go.id kenapa gak bisa ya? keterangannya "Server Application Unavailable". apakah mmg sedang bermasalah? Terima Kasih
ReplyDeletekemungkinan sedang maintenance. silakan dicoba kembali
Deletemin maaf ketika mau di cetak dan ketika download pdfnya kok failed-network error , padahal sebelumnya aman2 dan lancar aja koneksipun stabil . mohon bantuannya
ReplyDeletedisini lancar mas, silakan dicoba kembali...
DeleteMin mau tanya.
ReplyDeleteSaya sudah menerbitkan kode billing di sse2 untuk pajak PPH Final(420). Lalu saat melakukan pembayaran via ATM BCA, tidak ada menu untuk memasukan kode billing. Yang diminta adalah nomor NPWP dan juga jumlah setoran. Transaksi sudah berhasil, dan saya menerima struk BCA dengan NTPN, NTB dan kode billing.
Yang jadi pertanyaan saya:
1. Kode billing yang tercetak pada struk BCA berbeda dengan kode billing yg diterbitkan sse2, apakah itu tidak masalah?
2. Jika tidak masalah, untuk apa saya meminta kode billing pada sse2? karena tidak digunakan saat pembayaran.
3. Bagaimana cara cek transaksi yang sudah kita setor? saya mencoba cek melalui 'Cek NTPN pada SSE2' namun selalu menampilkan KdStatus -2
Terima kasih
1. Pembayaran sudah diakui sepanjang ada NTPN. Jadi tidak masalah.
Delete2. Kode billing digunakan untuk membayar pajak, bukan hanya PPh Final 1%. Jika demikian, di ATM BCA ada fasilitas tidak diperlukan memasukkan id billing khusus untuk pembayaran PPh Final 1%. Anda bisa langsung membayar tanpa kode billing.
3. Data pembayaran Wajib Pajak bersifat rahasia. untuk pengecekkan di SSE 2, biasanya bisa dilakukan jika id billing tersebut dilakukan pembayaran. untuk data pembayaran pajak anda selengkapnya, silakan hubungi AR anda.
terima kasih
pak mo nanya ko pilihan npwp lain hanya muncul 1 detik langsung hilang hanya mncul npwp sendiri??
ReplyDeleteSudah dicoba lagi pak? kami coba lancar saja pak...
Deleteselamat siang kak admin, saya mau nanya bulan lalu ayah saya baru mendaftarkan sebagai orang wajib pajak. bulan ini (september) akan melakukan pembayaran di bank, nah pembayaran dilakukan dengan menunjukan kode id billing. artinya, setiap bulan kita harus bikin id billing yang baru ya?
ReplyDeleteya... setiap mau bayar pajak bikin id billing dulu...
DeleteMin, sy sdh pake e-billing generasi ke 2, klo sy mau buatin e -billing perusahaan lain bisa gak melalui e biliing sy
ReplyDeleteBisa, ada pilihan NPWP lain
DeleteMin, untuk pembayaran pph pasal 4 ayat 2 apakah harus menggunakan e billing? sedangkan pembayar pph pasal 4 ayat 2 tersebut tidak memiliki NPWP pribadi. mohon pencerahannya, terimakasih
ReplyDeleteya. sejak 1 Juli 2016 semua pembayaran pajak pusat menggunakan id billing. Gunakan Pilihan "NPWP Lain". Jika kesulitan, silakan datang ke KPP untuk konsultasi.
DeleteKeanapa nomor kode ebiling tidak muncul, sebelumnya muncul ....
ReplyDeletedisini lancar saja pak/bu... silakan dicoba kembali
Deletepak saya mau daftar baru dan telah masukkan npwp dan email serta kode telah benar tetapi waktu saya pilih register cuma keluar pertanyaan data disimpan? dan saya pilih OK. setelah itu tidak ada muncul pesan apapun malah kembali ke page daftar baru. bagaimana ya pak?
ReplyDeleteini menggunakan kanal sse.pajak.go.id atau sse2.pajak.go.id?
Deleteapakah email yang diinput sudah benar?
seharusnya muncul notifikasi di emailnya.
silakan datang ke KPP agar lebih jelas.
apakah slip setoran pajak dr bank sdh cukup sebagai bukti pembayaran pajak (untuk laporan kegiatan)? karena di situ tidak jelas tertulis pembayaran pajak untuk kegiatan apa. file "cetak ssp" pas sy membuat kebetulan juga tidak bisa dicetak, karena kosong. mohon dibantu
ReplyDeleteadmin yang terhormat karena tempat saya jauh dari KPP terdekat sehingga untuk mendaftarkan DJP cukup memerlukan waktu yang lama jadi saya selaku bendahara sudah mendaftarkan sse.pajak.go.id bisa masuk dengan baik tetapi ketika saya masuk ke DJP kok error S0006 kalau gak salah. kira-kira bisa gak mendafpatkan kode efin pajak dengan mengirimkan alamat E-mail saja untuk mempermudah kita dalam akses pembayaran pajaknya atau via telpon untuk mendapatkan kode efinnya? terima kasih
ReplyDeleteuntuk mendapatkan kode billing memang dapat dilakukan melalui sse.pajak.go.id. jika sudah bisa menggunakan kanal ini, silakan dilanjutkan saja menggunakan sse.pajak.go.id.
Deleteartikel ini hanya cara lain untuk mendapatkan kode billing.
bagaimana cara ganti password di sse2
ReplyDeleteijin mau nanya pak admin, setiap sy mau cetak sse selalu muncul tulisan "failed network error" , bgaimana solusinya?, terima kasih
ReplyDeleteselamat siang,,maaf saya mau menanyakan perihal pada saat kode biling sudah di munculkan dan saat akan di lakukan pencetakan ada pemberitahuan failed network error,saya sudah mencoba beberapa kali tapi hasilnya masih sama..mohon bantuannya. Terimakasih
ReplyDeletejika kode biling sudah terbit, berapa banyak kita print 1 rangkap saja atau 5 rangkap seperti SSP Manual?
ReplyDeleteTerima Kasih
ADMIN bagaimana cara melihat list pajak yang sudah kita bayar melalui sse.pajak.go.id atau sse2.pajak.go.id? atau bagaimana cara cek/lihat list untuk pajak yang sudah dibayar dg memasukkan nomor NTPN? krn sudah beberapa kali kita coba dengan memasukkan nomor NTPN tidak keluar hasil/keterangannya. Terimakasih.
ReplyDeletePak, saya mau tanya.
ReplyDeletesaya sudah biasa menggunakan sse generasi 1 cuma ketika saya ingin masuk ke sse generasi ke 2 kenapa ditolak dengan alasan "Pesan Kesalahan:SO006-Kegagalan Autentikasi" itu kenapa ya pak? Mohon petunjuknya
Terima Kasih
kenapa e billing tidak bisa ya pak, apa kah server penuh atau maintance
ReplyDeleteblank smua ini urlnya : sse2.pajak.go.id/home?access_token=6062d8b6-4606-4c4d-90ed-2156f8fa244b
biasanya ada maintenance server saja jika tidak bisa di akses. sekarang sudah lancar lagi
Deletemin.. lg maintenance y?? dari kemaren pas mau download file iya gagal trus??
ReplyDelete