pajak bertutur

Cara mengajukan aktivasi EFIN

Cara mengajukan aktivasi EFIN 

Catatan Ekstens -  Aplikasi online Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau yang disebut DJP Online (https://djponline.pajak.go.id/) sudah tersedia untuk memudahkan Wajib Pajak dalam menunaikan kewajiban perpajakannya. Ada empat fitur utama yang tersedia yaitu fitur pendaftaran NPWP secara online (e-registration), pembayaran secara online (e-billing system), pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) secara online (e-filling), dan Monitoring layanan secara online (e-tracking).


Daftar NPWP secara Online, silakan baca penjelasannya pada artikel “TATA CARA PENDAFTARAN NPWP ONLINE DENGAN SISTEM e-REGISTRATION”

Tata cara pembayaran pajak secara online, silakan baca penjelasannya pada artikel “Petunjuk Penggunaan E-billing Pajak Generasi 2”

Sudahkah Anda lapor SPT Tahunan tahun ini? Yang sudah sering lapor ke Kantor Pajak, pasti pernah merasakan malas karena capek antri. Keluhan yang sering kami dengar dari wajib pajak diantaranya malas datang ke Kantor pajak karena jauh, panas, capek ngantri, sibuk, petugasnya kurang cakep, nggak punya duit buat cetak SPT atau bingung cara isinya. Macam-macam khan…? hehehe...

Nah untuk menghindari itu semua, sekarang juga silakan dicoba solusi lapor SPT lewat internet. Seperti yang sudah disebut diatas, DJP sudah menyediakan fitur layanan pelaporan SPT secara online yang disebut e-filling. Saat ini aplikasi e-filling tidak hanya untuk Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan saja (SPT tahunan 1770 S dan 1770 SS) saja loh. Sekarang sudah bisa untuk Wajib Pajak orang pribadi usahawan atau pekerjaan bebas (SPT tahunan 1770), SPT masa PPh 21/26, dan SPT masa PPh pasal 4 ayat (2).

Tapi.. ada tapinya lagi nih, untuk bisa menggunakan layanan DJP online anda harus melakukan aktivasi yang namanya EFIN. Apa itu?? Kepanjangannya yaitu Electronic Filing Identification Number. Sebuah kombinasi angka dan huruf yang unik, yah semacam kode akses yang berbeda bagi setiap wajib pajak sehingga dijamin hanya Anda yang punya dan data transaksi elektronik tidak akan tertukar dengan WP lain. Permohonan ini dilakukan Wajib Pajak dengan menggunakan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN sebagaimana dimaksud dalam Lampiran I PER- 41/PJ/2015.


EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak yang melakukan Transaksi Elektronik dengan Direktorat Jenderal Pajak.

Persyaratan dan tata cara aktivasi EFIN

1. Bagi Wajib Pajak orang pribadi, syarat dan ketentuan pengajuan permohonan aktivasi EFIN adalah sebagai berikut:

a. permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri tidak diperkenankan untuk dikuasakan kepada pihak lain;

b. Wajib Pajak mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dengan mendatangi secara langsung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat dan lokasi lain yang ditentukan oleh KPP atau KP2KP;

c. Wajib Pajak menunjukan asli dan menyerahkan fotokopi dokumen berupa:
     1) identitas diri berupa:
  a) Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam hal Wajib Pajak merupakan warga Negara Indonesia; atau
         b) Paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) dalam hal Wajib Pajak merupakan warga negara asing; dan

     2) kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT);

2. Bagi Wajib Pajak badan, syarat dan ketentuan pengajuan permohonan aktivasi EFIN adalah sebagai berikut:

a. permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh pengurus yang ditunjuk untuk mewakili badan dalam rangka melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya;

b. pengurus sebagaimana dimaksud pada huruf a mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dengan mendatangi secara langsung KPP tempat Wajib Pajak terdaftar;

c. pengurus sebagaimana dimaksud pada huruf a menunjukkan asli dan menyerahkan fotokopi dokumen berupa:

    1) surat penunjukan pengurus yang bersangkutan untuk mewakili badan dalam rangka melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
    2) identitas diri berupa :
        a) KTP dalam hal pengurus sebagaimana dimaksud pada huruf a merupakan warga Negara Indonesia; atau
        b) Paspor dan KITAS atau KITAP dalam hal pengurus sebagaimana dimaksud pada huruf a merupakan warga negara asing;
    3) kartu NPWP atau SKT atas nama yang bersangkutan;dan
    4) kartu NPWP atau SKT atas nama Wajib Pajak badan.

d. menyampaikan alamat e-mail aktif yang digunakan sebagai sarana komunikasi dalam rangka pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan.

3.  Dalam hal Wajib Pajak badan merupakan kantor cabang maka syarat dan ketentuan pengajuan permohonan aktivasi EFIN adalah sebagai berikut:

a. pimpinan kantor cabang sebagai pengurus yang ditunjuk untuk mewakili badan dalam rangka melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN ke KPP tempat Wajib Pajak kantor cabang terdaftar;

b. pimpinan kantor cabang sebagaimana dimaksud pada huruf a menunjukkan asli dan menyerahkan fotokopi dokumen berupa:
  1) surat pengangkatan pimpinan kantor cabang;
  2) surat penunjukan pimpinan kantor cabang sebagai pengurus yang mewakili badan dalam rangka melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya;
  3) identitas diri berupa:
  a) KTP dalam hal pengurus sebagaimana dimaksud pada angka 2) merupakan Warga Negara Indonesia; atau
  b) Paspor dan KITAS atau KITAP dalam hal pengurus sebagaimana dimaksud pada angka 2) merupakan warga negara asing;
  4) kartu NPWP atau SKT atas nama yang bersangkutan; dan
  5) kartu NPWP atau SKT atas nama kantor cabang.
c. menyampaikan alamat e-mail aktif yang digunakan sebagai sarana komunikasi dalam rangka pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan.

Dalam hal permohonan aktivasi EFIN dinyatakan tidak lengkap, WP dapat mengajukan permohonan ulang dengan melengkapi dokumen yang disyaratkan. (Pasal 4 ayat (7) PER- 41/PJ/2015)

Permohonan Aktivasi EFIN secara kolektif

Bagi Wajib Pajak orang pribadi karyawan dapat mengajukan permohonan aktivasi EFIN secara berkelompok (kolektif) melalui pemberi kerja ke KPP atau KP2KP terdekat.

Permohonan Aktivasi EFIN secara kolektif dapat dilakukan dalam hal:

a. jumlah pegawai yang mengajukan permohonan EFIN lebih dari 20 orang;
b. nama pegawai sebagaimana dimaksud pada huruf a tercantum dalam SPT Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21;
c. pemberi kerja menyediakan tempat dan sarana pendukung yang dibutuhkan KPP atau KP2KP untuk melakukan aktivasi EFIN; dan
d. pegawai sebagaimana dimaksud pada huruf a hadir pada saat aktivasi EFIN.

Pengajuan permohonan kepada KPP atau KP2KP untuk melakukan proses aktivasi EFIN kolektif dilakukan oleh Pemberi Kerja dengan menggunakan surat permohonan aktivasi EFIN secara berkelompok melalui Pemberi Kerja sebagaimana dimaksud dalam Lampiran II PER- 41/PJ/2015.

Kemajuan teknologi membuat dunia semakin dalam genggaman. Jadi mari manfaatkan fasilitas DJP online ini. Jika masih ada pertanyaan, silakan sharing dikolom komentar, datang ke KPP terdekat atau telp kring pajak 1500200.


sumber aturan : situs resmi DJP (www.pajak.go.id)
Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

63 komentar:

  1. semakin mudah
    untuk lapor spt online sekarang
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. apa untuk pendaftaran e billing 1 npwp 1 email ya ato bisa 1 email untuk beberapa npwp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. idealnya satu email satu NPWP. namun jika diperlukan boleh juga membuat id billing NPWP lain

      Delete
  3. kenapa ketika akan login selalu keluar pesan kesalahan: NPWP tidak ditemukan, padahal NPWP dan password sudah sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah registrasi belum di DJP online? link aktivasi di email sudah di klik?

      Delete
  4. untuk aktivasi EFIN secara kolektif , apakah perlu kita masuk kan Lampiran I nya ? atau hanya Lampiran II beserta tabel nama pegawai ?

    ReplyDelete
  5. kalau lupa pasword,e-fin,emailnya. mesti pengajuan e-fin ulang lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa password mah bisa langsung reset password di aplikasi djp online.

      klo lupa efiling bisa minta cetak lagi di KPP terdekat. prosedurnya sama seperti aktivasi diatas

      Delete
  6. maaf mas saya masih awam mengenai pajak, boleh gak minta tutorial mengenai pajak mulai dari awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuorial pajak? coba searching di blog catatan ekstens ini barangkali ada yang anda butuhkan. coba mulai dengan hak dan kewajiban wajib pajak.

      Delete
  7. kalau sudah dapat e-fin, sudah registrasi lewat djponline.pajak.go.id dan berhasil dan kode aktivasi dikirim ke alamt email tapi malah saya cek email saya tidak ada email tsb sedangkan punya temen-temen kantor kode aktivasi masuk ke email masing-masing, itu kenapa ya? saya coba hubungin kring pajak 1500200 tapi sibuk. mohon bantuanya thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ulangi tahap registrasi di djp online. setelah klik verifikasi, lihat data email anda, apakah sudah benar atau belum. jika ada kesalahan, langsung ganti saja dengan email anda yang valid.

      Delete
    2. sama, aku punya juga masalahnya seperti...

      Delete
  8. aku sudah mencoba ulang dan mengecek data ternyata bener salah pada penulisan nama email, saya tidak teliti untuk pengecekan nama email. pada saat saya minta e-fin dikantor pajak petugas yang input data itu anak sekolah yang lagi PKL dikantor pajak. padahal saya sudah benar menuliskan nama email saya dikertas formulir.. agak bete juga sih.. tp, ya sudahlah mungkin dia lelah terlalu banyak orang.. btw trima kasih bantuanya ya min link ini sangat membantu sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf atas ketidaknyamanannya. terima kasih telah berkunjung ke blog kami. senang bisa membantu anda.

      Delete
    2. Kejadian ini sama dgn yg terjd sm saya, saya dah coba perbaiki emailnya tp ko msh blm dpt blsan jg ya biasanya brp lama?

      Delete
    3. biasanya cepet. gunakan browser chrome atau mozilla ya. jika masih bermasalah, silakan konsultasikan dengan petugas di KPP terdekat

      Delete
  9. maz, no efin ntu keluarnya kalau kita sudah mendaftar online ya maz

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda sudah punya NPWP? jika sudah, silakan datang ke KPP terdekat untuk aktivasi efinnya. selanjutnya anda registrasi di djponline.pajak.go.id untuk membuat akun djp online.

      Delete
  10. setiap saya login n masukan NPWP n pasword, tdk bisa mask dan ada pesan kesalahan SO002-data penguna anda tidak ditemukan..
    apa sya yg salah maskn pswornya..soalnya saya maskn paswordnya tu EFIN nya ..jd paswor yg dimksut pasword...??? mhn solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu registrasi dulu. daftarkan dulu akun ibu di DJP online, ada menu "Anda belum terdaftar ? daftar di sini". isi data ibu, pastikan data email valid karena semua notifikasi masuk ke email tersebut.

      Delete
    2. bikin sendiri pak... bisa gunakan gmail atau yahoo misalnya.

      Delete
  11. Apabila NPWP Cirebon dan mau daftar E-PIN di KPP Cikarang, itu bisa tidak ya ?

    Trims

    ReplyDelete
  12. no efin lupa, cara mendapatkan kembali dimana ya mas..??
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. datang saja ke KPP terdekat... ajukan lagi aktivasi efin.

      Delete
  13. Npwp dalam kategori non aktif mohon masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan hubungi KPP tempat anda terdaftar, mohon untuk diaktifkan

      Delete
  14. bisa tidak aktivasi e-fin tanpa harus ke kantor KPP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib Pajak mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dengan mendatangi secara langsung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat dan lokasi lain yang ditentukan oleh KPP atau KP2KP (Per-41/PJ/2015 pasal 4 ayat 3 huruf b);

      Delete
  15. saya mencoba aktivasi tetapi belum masuk no kode balasan bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan emailnya benar. silakan coba registrasi lagi di djp online. masukkan npwp, efin kode keamanan, klik verifikasi, silakan cek email dan nomor hape anda benar dan valid, jika ada kesalahan update saja. bua password dan simpan. cek email anda dan lakukan aktivasi akun djp online

      Delete
  16. Permohonan eFIN katanya harus orangnya (OP/pengurus badan) datang langsung ke KPP, TIDAK BISA DIKUASAKAN, Per Dirjen 41/2015. Banyak WP yang komplain gara-gara ini, katanya “percuma punya konsultan/pegawai tapi ngurus hal sepele ja mesti datang, ngerepotin!”
    Padahal dikuasakan harusnya dibolehkan, toh eFIN itu kan cuma buat sarana bayar dan lapor ja, kemungkinan disalahgunakannya juga kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri tidak diperkenankan untuk dikuasakan kepada pihak lain.

      Delete
  17. kalo semisal mau mengajukan permohonan aktivasi EFIN untuk WP Badan apakah pengurus/direktur harus memiliki EFIN terlebih dahulu? Mohon infonya

    ReplyDelete
  18. Gimana cara pembayaran pajak pakai no efin...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nomor efin adalah nomor untuk registrasi akun, digunakan untuk Authentification user. setelah terdaftar dan mempunyai akun, log in pada aplikasi sse2.pajak.go.id, silakan buat id billing.

      Delete
  19. Saya udah mendapatkan efin,selanjutnya mendaftar ebilling,apakah saya harus daftar di djp atau langsunng registrasi sse2.pajak.go.id?mohon bantuanya.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung saja mendaftarkan akun di sse2.pajak.go.id atau djponline.pajak.go.id

      Delete
  20. Saya melakukan pembayaran pajak untuk barang import kmrn sore Dan Bpn sudah terbit tetapi ternyata Kursnya salah saya blm update kurs terbaru. Jadi saya kurang bayar pajak tolong di Bantu bgmn cara supaya bisa Tambah bayar Dengan kode I'd billing yang sama ketika saya bayar pajak pertama kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat Id Billing baru, isi sesuai kurang bayarnya. jadi nanti ada 2 BPN.

      Delete
  21. kami sudah mendapat no efin, tapi ketika saya aktivasi selalu muncul terjadi kesalahan reg006 evin belum diaktivasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan buka https://djponline.pajak.go.id/account/login
      sudah punya akun djp online? jika belum daftar dulu
      "Anda belum terdaftar ? daftar di sini"
      isi kolom yang diminta (pastikan data yang diinput valid), nanti akan ada email yang berisi link aktivasi. klik link tersebut. dan silakan log in.

      jika masih bermasalah silakan konsultasi ke KPP terdekat atau hubungi kring pajak 1500200

      Delete
    2. sudah ada efin selanjutnya gimana ya untuk dapatkan kode ebilling?

      Delete
    3. silakan buka https://djponline.pajak.go.id/account/login
      sudah punya akun djp online? jika belum daftar dulu
      "Anda belum terdaftar ? daftar di sini"

      Delete
  22. maaf, itu berarti direktur yang ke KPP untuk pengajuan atau bisa di wakilkan? jika bisa di wakilkan apa saja persyaratan yang di perlukan?. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk efin badan, tidak mesti direktur. boleh pengurus lain yang ditunjuk. cek poin nomor 2 artikel diatas

      Delete
  23. Tman saya alamat ktp di kebumen mau bikin efin d jogja kira2 bisa g y?
    Trmksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aktivasi efin bisa, yang bersangkutan datang langsung ke KPP di yogya.

      Delete
  24. saya tinggal di kabupaten bandung (KPP Pratama Soreang)tapi kerja di kota bandung,kalau mau aktivasi efin bisa nggak di KPP lain selain KPP Pratama soreang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Silakan datang ke KPP terdekat untuk aktivasi efin

      Delete
  25. Kalo untuk permintaan kolektif hanya 7 orang karyawan bisa? karna sisanya sudah di tahun kemaren, terus kan harus ada didaftar spt pph 21, kalo yang nihil bagaimana? bukannya kalo nihil tidak di inputkan? hehehe terus aktifasi efin-nya bisa dikantor kan tidak harus di kpp? heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkait permohonan aktivasi efin kolektif, disyaratkan minimal 20 orang dan harus masuk dalam SPT masa pph 21. meskipun nihil kan tetap harus diinput.

      permohonan aktivasi efin untuk orang pribadi di KPP terdekat dan tidak dikuasakan.

      Delete
  26. kode aktivasi tidak terkirim ke email,sehingga sampai saat ini belm bsa login.Masuk ke link 'belum menerima kativasi' setelah dicoba muncul 'Akun sudah teraktivasi. Silahkan melakukan login kembali'

    ReplyDelete
    Replies
    1. akun sudah teraktivasi, artinya, akun anda sudah terdaftar dan aktif. mohon maan, ini untuk bikin akun di laman apa? djponline? atau sse?

      Delete
  27. npwp saya beda alamatnya dengan ktp saya, apakh bisa bikin efin? atau harus urus pindah kpp dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus. aktivasi efin bisa di KPP terdekat

      Delete

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya