Lupa Password DJP Online? Begini Solusinya

halaman djponline.pajak.go.id

Catatan Ekstens - "Pak, saya lupa password untuk aplikasi DJP Online?", seorang ibu datang ke meja konsultasi di seksi kami, Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan.

"Maklum pak, saya cuma pakai setahun sekali, dulu juga dibantuin sama anak saya?", ujarnya melanjutkan.

"Baik ibu, sekarang ibu siapkan NPWP dan email yang ibu gunakan dulu untuk mendaftar akun di DJP Online", sambil saya buka laman DJP Online di browser komputer.

"Oh ya, nomer EFIN-nya masih ada kan?", tanya saya lagi. Agak repot bila lupa nomer EFIN, karena nomer efinlah yang digunakan untuk me-reset password aplikasi DJP Online. Jika anda lupa, anda harus meminta cetak ulang nomor EFIN ke KPP.

Ibu tersebut ternyata bukan satu-satunya yang mempunyai permasalahan lupa password aplikasi DJP Online. Permasalahan ini pun ternyata banyak dialami wajib pajak kami saat hendak melakukan pelaporan SPT tahunan via e-filing maupun pembuatan id billing via DJP Online (https://djponline.pajak.go.id). Mungkin anda salah satunya? Tenang, masih ada solusinya.

1. Lupa password saja

Password DJP Online dengan mudah di-reset yang penting email anda masih ingat dan bisa anda buka. silakan masuk ke laman DJP Online. Klik menu "lupa password? reset disini".
Laman DJP Online (https://djponline.pajak.go.id)
Anda akan diminta untuk mengisikan beberapa data yaitu NPWP, nomor EFIN, dan kode keamanan.
isi semua kolom yang tersedia
Setelah itu, klik "submit". kemudian akan ada pop up "Request Succeed, link reset password telah dikirim ke email anda", silahkan klik "OK". Cek email anda, dan klik Link Reset Password yang sudah dikirimkan, selanjutnya ganti password sebelumnya dengan password baru yang aman dan mudah diingat.

2. Lupa Password dan Email (merubah email DJP Online)

Silakan masuk ke laman DJP Online. Klik menu "lupa password? reset disini".
Selanjutnya, silahkan masukkan nomor NPWP, dan nomor efin pada kolom yang tersedia.

Langkah ini yang membedakan dengan yang hanya lupa password saja. Anda wajib memberikan cek list pada kotak lupa email setelah itu masukkan email baru yang akan anda digunakan untuk aplikasi DJP Online

Pastikan semua kolom telah terisi dengan benar, selanjutnya silahkan anda masukkan kode keamanan dan klik submit. Langkah berikutnya sama dengan poin 1 diatas.

Demikian tutorial singkat mengenai Lupa Password DJP Online, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat. Jika masih ada yang belum jelas, silakan kontak kami ya...

Artikel Terkait:

About Catatan Ekstens

Catatan Ekstens adalah blog pajak yang menjadi media kami dalam memperbarui pengetahuan perpajakan. Anggap saja setiap postingan pada blog ini sebagai catatan kami. Selengkapnya bisa cek "About" di bagian atas blog ini.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Min kl lupa nomer efinya , ada solusi via online gak ? Biyar gak usah antri dtg ke kpp ?

    ReplyDelete
  2. kalua mau merubah password saja gimana

    ReplyDelete

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya